5 Fakta Unik Bos Wanita Pertama The Fed, Janet Yellen

Selasa, 07 Januari 2014 14:02

BERTUAHPOS.COM, Washington : Terpilih sebagai pengganti Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) Ben Bernanke, Janet Yellen sukses mencatatkan sejarah yang luar biasa dalam bidang perekonomian dan karir global. Pengangkatannya sebagai orang nomor satu di bank sentral paling berpengaruh di dunia tersebut menandakan lompatan penting bagi wanita yang kemunculannya sangat jarang mewarnai dunia ekonomi dan keuangan.
“Dia sukses mendongkrak diskriminasi wanita di tempat kerja khususnya di bidang ekonomi dan keuangan dengan sangat luar biasa,” ungkap Presiden National Organization for Women, Terry O’Neill seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/1/2014).

Bahkan dengan keputusan The Fed untuk mengurangi pembelian obligasinya sebesar US$ 10 miliar bulan ini dan mengakhirinya secara perlahan, Yellen terus menunjukkan kebijaksanannya. Dia tetap tidak akan membuat keputusan lebih jauh, hingga ekonomi AS menunjukkan pemulihan lebih lanjut atau terjadi penguatan di pasar tenaga kerja.

Wanita berusia 67 tahun ini juga didaulat akan menjadi wanita paling berpengaruh di dunia keuangan global saat Bernanke lengser pada 31 Januari 2014. Tentu saja, posisinya tersebut merupakan tonggak bersejarah bagi perekonomian dunia mengingat wanita seringkali disisihkan dalam bidang tersebut.

Tugas tersebut akan menjadi ujian pertama untuk mengecek kredibilitas Yellen dalam menghadapi maslaah perekonomian dan tingkat pengangguran yang tengah merudung AS. Seiring dengan keterpilihannya, wanita yang hobi memasak ini juga akan menjadi pembuat kebijakan tertinggi di dunia perbankan global.

Baca: Penuhi Kebutuhan, PLN Riau Terkoneksi dengan Tetangga

Berikut lima fakta unik mengenai sepak terjang Yellen di belantara perekonomian dunia:

1. Yellen juga akan menjadi wanita pertama yang memimpin pergerakan dan kebijakan The Fed, sejak bank sentral tersebut berdiri 100 tahun yang lalu. Selama tiga tahun ini, Yellen masih menjabat sebagai wakil gubernur The Fed, menjadi orang kedua setelah Bernanke di bank sentral tersebut.

2. Berperan besar dalam pengaturan strategi keuangan dan menekan tingkat pengangguran di AS.

3. Dia memiliki banyak pengalaman sebagai penentu kebijakan ekonomi nasional. Sebelum menjadi wakil gubernur The Fed pada 2010, Yellen berperan sebagai Gubernur Bank Sentral San Francisco dari 2004-2010. Dia juga berperan sebagai pimpinan dewan direksi The Fed sejak 1994-1997. Selain itu, Yellen, penasehat dewan ekonomi Presiden Bill Clinton.

4. Yellen juga tercatat sebagai ekonom yang sangat dihormati dan pernah mengajar di Harvard University, London School of Economics dan University of California, Berkeley. Beberapa penelitiannya memiliki topik yang erat kaitannya dengan peranan `single mother`, kebijikan moneter yang optimal, upah dan perdagangan.

5. Ekonomi menyatu dengan kehidupannya. Dia menikah dengan pemenang Nobel di bidang ekonomi George Akerlof. Saat ini anak satu-satunya juga merupakan profesor ekonomi di sebuah universitas di AS.(liputan6.com)