5 Bisnis yang Bersinar Cerah dan 5 Lainnya Justru Meredup

Minggu, 07 Juli 2013 14:25
5 Bisnis yang Bersinar Cerah dan 5 Lainnya Justru Meredup
BERTUAHPOS, MELBOURNE –  IBISWorld, perusahaan peneliti pasar global, memprediksi 5 bidang industri bakal memiliki prospek cerah dengan meraup pertumbuhan pendapatan. Namun 5 bidang industri lain justru mengalami kondisi sebaliknya kurun 2013-2014.
Â
Perusahaan dana pensiun, pertambangan bijih besi, belanja online, penerbitan online dan industri hemat energi akan menjadi pemenang besar di tahun ini sampai tahun depan. Kondisi pasar yang menguntungkan berdampak pada kenaikan pendapatan kelima sektor tersebut, mengutip laman BRW.com, Sabtu (6/7/2013).
Â
Namun, sektor lain seperti bisnis video dan dvd diperkirakan mengalami penurunan terbesar. Bisnis lainnya adalah industri komponen otomotif, industri alat berat, penerbit buku dan eksplorasi mineral akan menjadi sektor yang paling meredup di 2013 sampai 2014. Penyebabnya kompetisi bisnis online dan rendahnya investasi.Â
Â
Dana pensiun menjadi pemain terbaik tahun ini dengan total pendapatan diprediksi mencapai 40,5% menjadi US$ 324,5 miliar. Jumlah ini kontras dengan kinerja yang buruk beberapa tahun lalu. Krisis keuangan diprediksi membuat tabungan pensiun melonjak.
Â
General Manager IBISWorld, Karen Dobie mengatakan kombinasi tiga faktor memberi sumbangan pada peningkatan pendapatan. Pertumbuhan pasar dari awalnya berada pada basis yang rendah, tingkat pengangguran yang rendah dan peningkatan kontribusi wajib.
Â
Berbeda dengan prediksi beberapa pihak tentang rendahnya pendapatan industri pertambangan, IBISWorld justru mengatakan industri ini akan berjalan dengan baik tahun ini.Â
Â
Sekitar 23% peningkatan akan dicapai industri pertambangan. Hal ini akibat kenaikan permintaan baja dari negara-negara berkembang.
Â
“Meski pasar-pasar ini memiliki pasokan lebih, pasar saham yang jatuh pada 2012 – 2013 membuat kami memulai tahun dari nol. Posisi ini bagus untuk meningkatkan pendapatan,” ujar Dobie.
Â
Sementara itu, bidang industri online juga terus meningkat. IBISWorld memprediksi penyiaran dan penerbitan lewat internet meningkat hampir 13% menjadi US$ 1,6 miliar. Industri internet lainnya yaitu belanja online juga diprediksi naik 13,3%.
Â
Selain peningkatan pendapatan, IBISWorld memprediksi bisnis video dan dvd akan menurun karena ketatnya kompetisi dengan layanan rental video online.
Â
Untuk lebih jelasnya, berikut 10 industri yang diprediksi mencatat pertumbuhan pendapatan, dan 5 industri lainnya mengalami kondisi sebaliknya:Â
Â
5 Sektor binis yang tumbuh 
Â
1. Dana pensiun
Â
Pertumbuhan: 40,5%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 324,58 miliar
Â
Â
2. Pertambangan bijih besi 
Â
Pertumbuhan: 22,9%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 91,63 miliarÂ
Â
Â
3. Belanja online
Â
Pertumbuhan: 13,3%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 12,35 miliar
Â
Â
4. Penerbitan dan penyiaran online
Â
Pertumbuhan: 12,7%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 1,6 miliar
Â
Â
5. Pembangkit listrik tenaga angin dan lainnya 
Â
Pertumbuhan: 11,3%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 1,66 miliar
Â
Â
5 Sektor yang Menurun 
Â
1. Outlet video dan dvd 
Â
Penurunan: 12,3%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 580 juta
Â
Â
2. Industri komponen otomotif
Â
Penurunan: 6,7%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 1,52 miliar
Â
Â
3. Industri alat berat dan konstruksi non-bangunan lainnya 
Â
Penurunan: 5,4%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 64,8 miliar
Â
Â
4. Penerbitan buku
Â
Penurunan: 4,3%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 1,88 miliar
Â
Â
5. Eksplorasi mineral
Â
Penurunan: 3,5%Â
Nilai pendapatan menjadi : US$ 1,98 miliar. (liputan6)