10 Pebisnis Paling Top Dunia Sepanjang 2013

Kamis, 26 Desember 2013 10:09
BERTUAHPOS.COM – Fortune baru saja merilis 10 pebisnis paling top sepanjang 2013. Daftar tahunan Fortune ini dipenuhi sejumlah pebisnis dan pejabat eksekutif perusahaan yang langkah bisnisnya melampaui ekspektasi para analis.
Â
Seperti dikutip dari CNN, sejumlah langkah besar dalam berbisnsi yang terjadi sepanjang tahun seperti membeli surat kabar besar atau membeli saham-saham di perusahaan teknologi rakasasa. Selain itu, langkah CEO Tesla Elon Musk menaikkan harga sahamnya hingga empat kali lipat juga menjadi tindakan yang patut dipuji.
Â
Tak heran, Musk berhasil meraih peringkat pertama sebagai pebisnis paling top di dunia. Lengkapnyam berikut daftar 10 pebisnis paling top dunia versi Fortune:
Â
1. Elon Musk
Jabatan: CEO & CTO SpaceX serta CEO & Chief Product Architect of Tesla Motor
Â
Bukan rahasia lagi, Elon Musk punya tiga senjata bisnis dalam hidupnya. Pendiri PayPal ini kini menjabat sebagai CEO SpaceX, CEO Tesla Motor dan aktif di sektor energi bersama SolarCity. Tahun ini, Musk banyak mengeluarkan gagasan dan visi yang sangat mengagumkan. Dia tercatat sebagai pembuat mobil listrik paling tangguh di dunia. Tingkat penjualan perusahaannya dapat menembus level US$ 2 miliar tahun ini. Bahkan harga saham Tesla mampu naik empat kali lipat tahun ini.
Â
2. Investor aktif: Carl Icahn, Jeffrey Ubben, David Einhorn, dan Daniel Loeb
Â
Tahun ini, sejumlah bisnis besar dipenuhi investasi dari para investor agresif seperti Carl Icahn, Jeffrey Ubben, David Einhorn, dan Daniel Loeb. Icahn dan Eihorn tercatat membeli saham Apple, perusahaan paling berharga di dunia (kapitalisasi pasar: US$ 467 miliar). Keduanya dengan lantang meminta Apple untuk memberikan lebih banyak uang tuani pada para pemegang saham.
Â
Sementara itu Ubben berinvestasi di Microsoft, tapi tak lama, perusahaan teknologi itu mengangkatnya sebagai direktur dewan direksi perusahaan. Terakhir, Loeb mencoba menanamkan modalnya di Sony.
Â
3. ‘Pony’ Ma Huateng
Â
Jabatan: CEO Tencent
Â
Kerajaan internet Ma, Tencent, tahun ini menjadi perusahaan swasta paling berharga di China dengan nilai kapitalisasi pasar berjumlah lebih dari US$ 95 miliar. Sejak Januari, harga sahamnya telah melonjak hingga 61%. Dia lalu berhasil menjadi pengusaha teknologi paling kaya di China. Ma berhasil mengalahkan layanan chat QQ yang marak di China. bulan ini, dia bergabung dengan miliarder internet China lainnya, Jack Ma yang mendirikan Alibaba untuk mengumumkan bisnis asuransi online pertama di China.
Â
4. Angela Ahrendts
Â
Jabatan: CEO Burberry
Â
Ahrendts merupakan wanita tangguh yang berhasil memimpin rumah fashion Inggris Burberry dengan baik. Harga saham perusahaannya melonjak hingga di atas 29% lebih tinggi dibanding FTSE yang hanya 10%. Padahal sahamnya berada di tengah kekhawatiran lambatnya pertumbuhan di China.
Â
Lonjakan nilai saham itu terjadi sejak Ahrendts mengejutkan dunia teknologi saat dia mengumumkan akan keluar dari California untuk bersaing dengan ritel dan penjualan Apple secara online. Para analis mengatakan, dia akan memiliki peranan besar dalam mengalahkan Apple di masa mendatang.
Â
5. Reed Hastings dan Jeff Bewkes
Â
Jabatan: CEO Netflix dan Time Warner
Â
CEO Netflix Hastings berhasil membawa kesuksesan besar untuk perusahaan yang dipimpinnya. Dia tampaknya siap untuk memimpin pertempuran dagang di bidangnya. Sejauh ini Netflix menjalankan program-program besar untuk bisnisnya. Tak hanya itu, harga sahamnya juga melonjak hingga di atas 100% sejak akhir 2010.
Â
Untuk pertama kalinya, perusahaannya juga berhasil memiliki lebih banyak subscriber melewati HBO. Sementara itu, CEO Time Warner Jeff Bewkes juga tercatat berhasil mendorong naik harga sahamnya hingga di atas 40% dalam setahun.
Â
6. Jeff Bezos
Â
Jabatan: CEO Amazon
Â
Bezos kembali melampau ekspektasi tahun ini. Dia mengorbankan laba perusahaan selama hampir dua tahun setelah mendirikan Amazon untuk mengejar pasar-pasar baru. Langkah besar Bezos lainnya adalah membeli Washington Post seharga US$ 250 dengan dana usaha pribadinya. Strateginya selalu berhasil membawa keuntungan bagi bisnis yang dijalaninya.
Â
7. Akio Toyoda
Â
Jabatan: CEO Toyota
Â
Akio memiliki dua pedoman bisnis yang selalu dipatuhinya, yaitu, buat mobil yang lebih baik, dan jika penjualannya buruk, maka itu bukan mobil. Hanya beberapa tahun setelah mengalami masa terburuknya, Toyota berhasil bangkit. Perusahaan asal Jepang itu sukses mencetak rekor penjualan sebanyak 10 juta mobil dan truk. Selain itu dia juga berhasil mendorong perusahaan meraih laba operasional terbesardan menjadikannya nomor satu di dunia.
Â
8. Larry Page
Â
Jabatan: CEO Google
Â
Formula Page tampaknya berhasil untuk menambah energi Google. Saham tahun ini berhasil melewati level US$ 1.000, mendorongnya melewati Microsoft dan berada di bawah Apple dan Exxon. Page juga baru saja meluncurkan bisnis tambahan Google terbaru bernama Calico. Langkah tersebut dilakukannya untuk tetap menjadi mesin pencarian internet pertama di dunia.
Â
9. Warren Buffett
Â
Jabatan: CEO Berkshire Hathaway
Â
Di awal tahun dia mencaplok perusahaan kecap terbesar di dunia H.J. Heinz sebesar US$ 23 miliar bersama mitranya 3G Capital yang berbasis di Brasil. Saat ini Buffett memiliki lebih dari US$ 40 miliar dana tunai. Mengingat jumlah uang tunainya yang meningkat, Buffett akan mengakuisisi perusahaan besar lainnya. Dia juga bergabung dengan Twitter pada April tahun ini.
Â
10. Marrisa Mayer
Â
Jabatan: CEO Yahoo
Â
Dia membeli Tumblr seharga US$ 1,1 miliar dan mengubah Yahoo Mail. Dia juga mengganti tampilan situs berbagi foto milik perusahaan, Flickr. Meskipun kinerja Mayer masih menjadi kontroversi, tapi dia berhasil menaikkan harga saham Yahoo sebanyak hampir dua kali lipat tahun ini. Prestasinya membuat dia berhasil meraih tiga gelar sekaligus dari Fortune tahun ini, yaitu perbisnis terbaik, wanita paling berpengaruh di dunia, dan pebisnis terbaik di bawah usia 40 tahun. (Sis/Igw/liputan6.com)