10 Orang Sukses yang Hobi Bangun Pagi

Sabtu, 28 Desember 2013 13:57

BERTUAHPOS.COM, NEW YORK – Rasa malas untuk bangun pagi seringkali dirasakan banyak orang khususnya bagi mereka yang memiliki jadwal kerja cukup padat. Faktanya, kebiasaan bangun pagi justru menjadi hobi kebanyakan orang sukses di dunia.

Seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (28/12/2013), dengan bangun lebih awal, para orang sukses dapat menyiapkan diri menghadapi aktivitas padat seharian. Mengecek email dan berolahraga merupakan dua aktivitas yang sering dilakukan orang sukses setelah bangun tidur.

Memang, sejumlah riset menunjukkan, orang-orang yang bangun lebih pagi, akan merasa lebih bahagia dalam menjalani pekerjaannya seharian. Selain itu, orang-orang yang bangun lebih pagi cenderung bersikap lebih proaktif dalam menghadapi tugas-tugasnya.

Tengok saja bagaimana CEO General Motors, Dan Akerson bangun pukul 04.30 pagi dan menyiapkan diri untuk beraktivitas. Pasalnya dia harus berbicara dengan perwakilan GM di Asia terkait perusahaan yang dipimpinnya.

Baca: Ini Keuntungan yang Didapat Saat Perusahaan Memutuskan untuk Go Publik

1. Pendiri Twitter Jack Dorsey

Pria tampan pendiri Twitter yang juga menjabat sebagai CEO Twitter, Jack Dorsey ternyata salah satu orang sukses yang memiliki hobi bangun pagi. Baginya, bangun lebih pagi memberikan banyak keluangan waktu untuk dirinya sendiri.

Dia bangun pukul 05:30 pagi untuk bermeditasi dan lari kecil sejauh 6 mil. Meski telah menjadi pria super sibuk yang harus menangani dua perusahaan sekaligus, Dorsey mengaku tidak pernah meninggalkan kebiasaannya tersebut.

Setelah bekerja selama 8 jam sehari di dua perusahaan tersebut, Dorsey tetap rajin bangun pagi.

2. CEO PepsiCo Indra Nooyi

Wanita tangguh yang kini menjadi bos di perusahaan minuman soda PepsiCo, Indra Nooyi memiliki kebiasaan bangun sangat pagi. Dia mengatakan, tidur merupakan berkah dari Tuhan, tapi dia mengaku tak pernah memperoleh anugerah tersebut.

Dia selalu bangun jam 4 pagi dan langsung mengurus pekerjaannya. Dalam sebuah diskusi di Pepsi, dia mengatakan dirinya tak pernah bekerja lebih dari tujuh jam setiap harinya.

3. CEO Apple Tim Cook

Bos yang satu ini terkenal sangat rajin bangun pagi. Dia terjaga pukul 04:30 pagi dan langsung mengirimkan sejumlah email perusahaan kepada pihak-pihak terkait.

Setengah jam kemudian, dia berolahraga di gym. Tak cukup sampai disitu, CEO Apple Tim Cook bahkan selalu menjadi orang pertama yang datang ke kantor dan pulang paling terakhir.

Sikapnya tersebut menjadi teladan bagi para karyawan dan meniru aksinya sebagai langkah menuju kesuksesan.

4. CEO Disney Bob Iger

Dalam salah satu wawancara, CEO Disney Bob Iger menyebutkan dirinya selalu bangun jam 04.30 setiap pagi. Bangun lebih pagi memberinya banyak waktu untuk melakukan berbagai hal.

Setelah bangun, dia memanfaatkan waktunya untuk merenungi apa yang telah dilaluinya. Beberapa kegiatan lain seperti membaca koran, berolahraga, mendengar musik, mengecek email dan menonton TV dilakukannya setiap pagi sebelum berangkat kerja.

Jika dia sudah memiliki waktu untuk sendiri di pagi hari, biasanya pria yang satu ini siap melakukan berbagai tugas seharian penuh.

5. CEO Starbucks Howard Schultz

Sukses menjabat sebagai orang nomor satu di Starbucks tak lantas membuat Howard Schultz bermalas-malasan. Dia mengaku tetap rajin bangun pagi.

Dia terbiasa bangun pukul 04.30 pagi untuk berjalan-jalan bersama anjingnya dan berbagai hal di luar pekerjaannya. Sekitar pukul 05.45 dia membuat kopi untuknya dan isrinya. Hebatnya, dia selalu berhasil berangkat ke kantor pukul 6 pagi dari rumahnya. (Sis/Ndw)

6. CEO Unilever Paul Polman

Pria kelahiran Belanda ini mengaku tak pernah telat bangun untuk bekerja. Dia selalu meninggalkan kasurnya pukul 6 pagi agar bisa berolahraga di kantor.

Polman rajin berolahraga lari di atas treadmill di kantornya. Menurut dia, bangun pagi membuatnya siap bekerja seharian yang kemungkinan besar menjenuhkan.

7. Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush

Meski telah lengser dari kursi pemerintahan tertinggi di AS, George W Bush ternyata memiliki jadwal harian yang super ketat. Bush selalu bangun jam 4 pagi untuk jogging dan sudah berada di kantor pukul 06.45 pagi.

Di jam tersebut dia biasa mengadakan rapat-rapat penting yang telah menjadi bagiand ari kesehariannya. Tak hanya dia, salah satu menteri di kabinetnya juga menjadi terbiasa berada di kantor pukul 6. Bahkan Bush tak akan meninggalkan kantor sebelum pukul 7 malam.

8. CEO Xerox Ursula Burns

Wanita berkulit hitam yang memegang posisi tertinggi di Xerox, Ursula Burns selalu bangun pukul 05.15 pagi. Setelah bangun dia langsung mengecek email dan bekerja hingga larut malam.

Bahkan di tengah kesibukannya, Burns selalu berupaya hidup sehat dengan berolahraga pada pukul 6 pagi dua kali seminggu. Dia melakukannya secara rutin selama satu jam hingga pukul 7 pagi.

9. CEO General Motors Dan Akerson

Pimpinan perusahaan otomotif ternama General Motors, Dan Akerson mengaku dirinya tak pernah bisa tidur lagi setelah puku 04.30 pagi. Dia selalu terbangun di jam tersebut untuk berkomunikasi dengan pihak GM Asia.

Menurutnya, dia akan terlambat membahas kinerja perusahaan jika bangun lebih dari pukul 5 pagi. Bagi dia, pekerjaan sebagai CEO GM merupakan pekerjaan yang terbaik yang pernah dimilikinya.

Pekerjaan tersebut rumit, menarik dan menyenangkan. Meski begitu, diakuinya dia sempat mengalami kesulitan tidur di malam hari karena pekerjaannya.

10. Mantan General Manager Peugeot Jean-Martin Folz

Sukses di balik kepemimpinannya di Peugeot ternyata tak lepas dari kebiasaannya bangun pagi. Mantan GM Peugeot Jean-Martin Folz ternyata sudah bangun pada pukul 4 pagi.

Dia lalu bergegas menyiapkan laporan untuk rapat dan tiba di kantornya pada pukul 7 pagi. Produktivitas kerjanya memang tak diragukan lagi, dia bahkan tetap bekerja dalam perjalanan menuju kantor. (Sis/Ndw)