Saking Populernya, Banyak Daerah Berjulukan ‘Kota Lemang’

Sabtu, 14 November 2020 14:06
Saking Populernya, Banyak Daerah Berjulukan ‘Kota Lemang’

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Lemang memang makanan tradisional yang hampir tak pernah ditemukan di meja makanan restoran mewah. Tapi jangan salah, ada banyak daerah yang mengaku sebagai daerah atau kotanya Lemang.

Seperti di Kabupaten Kuantan Singingi. Ada sebuah kota, yaitu Lubuk Jambi yang mengklaim sebagai ‘Kota Lomang’. Jadilah tagline Lubuk Jambi Kota Lomang (lemang dalam logat setempat).

Advertisement

Iyo, dari dulu, sejak ughng tuo-tuo, di kampuang awak la banyak yang malomang. Dulu tiok umah pasti ado molamang.

(kegiatan memasak lomang (malomang) sudah dilakukan sejak dulu oleh orang-orang tua. Dulu, setiap rumah pasti ada malomang). Makonyo jadilah Lubuk Jambi Kota Lomang,” jelas salah satu warga Lubuk Jambi, Arna kepada bertuahpos.com, Sabtu 11 Agustus 2018.

BACA JUGA:  Kota-Kota Lemang

Baca: Sejarah Pos Ronda

Arna yang merupakan guru di salah satu sekolah dasar ini melanjutkan kegiatan malomang banyak dilakukan masyarakat Lubuk Jambi ketika akan memasuki bulan suci Ramadhan, doa kampung, dan hari-hari besar lainnya.

“Intesitas membuat lomang sudah jadi tradisi masyarakat Lubuk Jambi. Makanya, tak heran kalau Lubuk Jambi disebut Kota Lomang,” tambah dia.

Sementara itu, salah satu warga Kampar, Paslah juga menyebutkan bahwa Kampar juga bisa disebut sebagai daerahnya lemang. Karena memang banyak masyarakatnya yang membuat lemang.

“Ini sudah jadi tradisi di Riau, baik itu di Kuantan Singingi, Kampar, ataupun di pesisir Riau. Ini memang makanan rakyat,” jelasnya.

Jika ditelusuri lebih jauh, masyarakat Minangkabau juga sering membuat lemang (malamang dalam logat Minangkabau). Bahkan, Kota Tebing Tinggi di Sumatera Utara juga mengklaim sebagai Kota Lemang.

BACA JUGA:  Kota-Kota Lemang

Bergeser ke Kalimantan, masyarakat Dayak menyajikan lemang dalam pesta adatnya. Begitu juga dengan masyarakat Samarinda, lemang adalah makanan khas dari daerah mereka.

Bahkan, di Malaysia, seperti Kelantan dan daerah lainnya, lemang juga jadi makanan khas. (bpc4)

Berita Terkini

Kamis, 13 Mei 2021 08:55

Ini Alasan Pemerintah Naikkan PPN Tahun Depan

PPN Naik

Kamis, 13 Mei 2021 07:30

Cara Rasulullah SAW Berhari Raya di Idul Fitri

Islam, Idul Fitri, Hari Raya

Kamis, 13 Mei 2021 07:01

Erdogan Minta Dunia Beri Pelajaran Pada Israel

Erdogan

Kamis, 13 Mei 2021 06:14

Menjemput Hidayah Allah

Hidayah

Kamis, 13 Mei 2021 05:00

Catatan Sejarah 13 Mei: Kerusuhan 1998

’98

Rabu, 12 Mei 2021 19:49

Israel Bersumpah akan Serang Total Gaza

Palestina

Rabu, 12 Mei 2021 19:21

Keren, Yamaha Siapkan Motor Retro Harga Murah

Otomotif