Berita

Wacana Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Mendag Layak Diganti

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Menteri Perdagangan M Lutfi dianggap salah satu figur menteri yang layak diganti, jika memang wacana reshuffle kabinet Indonesia Maju, dilaksanakan akhir Maret nanti.

Selain M Lutfi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga dianggap layak untuk digenti. Namun, Elite Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi menyatakan, jika reshuffle dalam waktu dekat tak akan terjadi.

“Masalah reshuffle? Saya tidak yakin ada reshuffle dan tidak ada orang yang berpikir perlu reshuffle sekarang. Pemerintah sekarang, di bawah Pak Jokowi, berlangsung sangat stabil,” kata Taufiqulhadi seperti dikutip Suara.com, Selasa, 22 Maret 2022.

Taufiqulhadi menilai, jajaran kabinet yang ada di pemerintahan sudah sangat kuat dan stabil dengan materi kabinet yang juga dianggap cukup mumpuni. “Kalau sudah baik untuk apa direshuffle,” tuturnya.

Namun, ia menyatakan, jika urusan reshuffle adalah hak prerogratif presiden. Meski begitu, ia berkeyakinan tak akan ada perombakan kabinet dalam waktu dekat.

“Tapi saya rasa Presiden tidak ada kepentingan untuk mereshuffle sekarang. Dengan demikian, menjadi tidak relevan pula dikait-kaitkan dengan rumor Rabu Pon itu. Toh, Pak Jokowi juga bukanlah orang yg senang dengan cara hitung-hitungan tradisional seperti itu,” katanya.

Sementara itu, dari rumor yang bereda kabar yang dimaksud itu ialah Jokowi hendak mereshuffle dua kursi menteri. Menteri pertama ialah Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri). (bpc2)