Taiwan Laporkan Serangan Udara China, Situasi Taiwan-China Memanas

Minggu, 03 Oktober 2021 14:33
Taiwan Laporkan Serangan Udara China, Situasi Taiwan-China Memanas
Ilustrasi pesawat jet tempur (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ketegangan antara Taiwan dan China kian memanas sejak 2 hari belakangan. 

Taiwan telah melaporkan rekor jumlah serangan udara oleh pesawat tempur China ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) untuk hari kedua berturut-turut. 

Hal ini diungkapkan oleh pihak Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan pada Sabtu malam, 2 Oktober 2021.

Taiwan melaporkan setidaknya total 39 pesawat militer China memasuki ADIZ pada hari Sabtu, lebih banyak dari sehari sebelumnya.

Baca: Puluhan Awak Kapal Induk AS Positif Corona

Jumlah pesawat tersebut masing-masing adalah jumlah serangan tertinggi yang dilaporkan Taiwan dalam sehari sejak mulai melaporkan secara terbuka kegiatan semacam itu tahun lalu.

“Serangan pada hari Sabtu datang dalam dua gelombang – 20 pesawat pada siang hari dan 19 pesawat pada malam hari,” kata kementerian itu dalam 2 pernyataan dikutip Minggu, 3 Oktober 2021.

Dirincikan, terdiri dari 26 jet tempur J-16, 10 jet tempur Su-30, dua pesawat peringatan anti-kapal selam Y-8 dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara KJ-500.

Sindonews.com melaporkan bahwa Taiwan juga tidak tinggal diam melihat aksi China. 

Mereka lantas mengirimkan sejumlah pesawat tempur, mengeluarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.

Peta yang diperlihatan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan menunjukkan semua penerbangan China pada hari Sabtu berada di bagian paling barat daya pulau ADIZ. 

Jet-jet tempur Angkatan Udara China datang di sekitar Pulau Pratas, yang terletak di atas Laut China Selatan dan sebenarnya lebih dekat ke Hong Kong daripada Taiwan. (bpc2)