Berita

Tahun Depan, Setiap Masuk ke Kantor OPD Pemprov Riau Wajib Scan Barcode PeduliLindungi?

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau rencananya akan memberlakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke kantor OPD bagi pengunjung dan pegawai. Rencana ini baru akan diberlakukan pada tahun depan (2022).

Hal ini diungkapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dokter Indra Yovi saat konferensi pers pekan lalu. “Di awal tahun semua opd menerapkan aplikasi peduli lindungi untuk keluar masuk kantor,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pemberlakukan sistem ini masih dikoordinasikan. Namun, pemberlakukan scan aplikasi PeduliLindungi setiap masuk kantor OPD diyakini lebih efektif untuk menangkal penyebaran Covid-19 di tahun depan.

Namun, dr Indra Yovi menekankan bahwa kunci dari keberhasilan penerapan sistem tersebut yakni disiplin dan konsisten. “Banyak kita lihat awal-awal bagus, tapi lama-lama malah semakin kendor. Ini yang perlu menjadi catatan kita ke depan jika sistem scan PeduliLindungi diberlakukan di OPD-OPD,” katanya.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dengan instruksi Mendagri yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Gubernur terkait upaya pencegahan dan penanganan covid-19 selama Nataru 2021. (bpc2)