Syamsuar Sebut Dermaga Khusus RoRo Dumai Masih Dipersiapkan Sebelum Diserahkan ke Pusat

Jumat, 01 Oktober 2021 17:39
Syamsuar Sebut Dermaga Khusus RoRo Dumai Masih Dipersiapkan Sebelum Diserahkan ke Pusat
Gubernur Riau Syamsuar.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan hingga kini, khusus dermaga untuk operasional RoRo Dumai – Malaka masih dipersiapkan, sebelum sepenuhnya diserahkan ke Kementerian Perhubungan.

“Kami sudah siap menyerahkan dermaga ini. Namun, perlu petunjuk dari menteri,” tuturnya dalam pertemuan secara virtual dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat, 1 Oktober 2021.

Syamsuar juga menuturkan bahwa dari sisi laut, Pemprov Riau juga tengah melakukan upaya perbaikan, terutama mengoptimalkan dermaga yang nantinya akan dipakai sebagai sarana penyeberangan laut antar negara tersebut. “Jadi yang bisa kami persiapkan, akan kami persiapkan,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan dioperasikannya RoRo Dumai – Malaka, maka dipercaya akan meningkatkan mobilitas angkutan jasa dan barang dari Riau ke Malaysia dan dari Malaysia ke Riau, sehingga juga akan berdampak terhadap pergerakan perekonomian di Tanah Air.

Baca: Koeman Senang, Laporta Mendukung Dirinya

Dalam persiapannya, pengoperasian Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai, sebagai pelabuhan Internasional telah ditetapkan penetapan lintas, sesuai Peraturan Kemenhub Nomor KM 44 Tahun 2009 dan tarif angkutan antar Negara sesuai KM 92 Tahun 2020.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM telah juga menetapkan Pelabuhan Bandar Sri Junjungan sebagai Pos Lintas Batas. Sehingga memudahkan Ditjen Bea Cukai untuk membangun Pos pemeriksaan Custom, Immigration, Quarantine (CIQ) atau pemeriksaan petugas Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina. (bpc2)