Siapa Bilang Harga Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Harganya Ratusan Juta? Ternyata Cuma Cukup untuk Beli Es Krim

Rabu, 15 September 2021 11:05
Siapa Bilang Harga Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Harganya Ratusan Juta? Ternyata Cuma Cukup untuk Beli Es Krim

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Belakangan heboh uang koin jadul harga ratusan juta. Faktanya tidak seperti itu. 

Memang ada banyak situs online yang menawar koin jadul tersebut sehingga membuat masyarakat berharap bisa kaya mendadak hanya dengan menjual koleksi koin jadul yang mereka miliki.

Masyarakat harus tahu bahwa uang jadul yang dijual dengan harga ratusan juta Rupiah bisa saja modus penipuan. Sebab, harga jual uang jadul di sejumlah toko mata uang kuno di Pasar Baru sangat berbeda jauh dengan fenomena uang jadul yang dijual di lapak online.

Mengutip okezone.com, seorang penjual uang kuno David menunjukkan uang koin tahun 1945 di kawasan pertokoan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Septeber 2021.

Baca: Komentari Cat Pesawat dan TKA, Fadli Zon: Pemerintah Tidak Bisa Dipercaya

David menuturkan, harga 1 koin uang Rp500 bergambar bunga melati dan 1 koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit yang kabarnya bisa dijual seharga Rp100 juta. 

Nyatanya koin tersebut di pasaran hanya dibanderol seharga Rp5.000 hingga Rp10.000 tergantung kondisi, jumlah ini hanya cukup untuk beli es krim.

Sebelumnya, salah satu uang kuno yang memiliki harga fantastis adalah uang dengan nominal Rp500 tahun 1992. Uang kertas ini memiliki gambar orang utan berwarna hijau.

Yang mana sampai saat ini peredarannya sudah dihentikan, dan tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 8/27/PBI/2006. (bpc2)