Siap-siap, Jajaki Kerja Sama dengan Cyber University Korsel, Riau Bakal Bangun AI University Pertama di Indonesia?

AI University

Gubri Syamsuar jajaki kerja sama dengan perwakilan Cyber Universiti untuk bangun AI University pertama di Indonesia (Foto: Dok MCR)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau kemungkinan besar akan menjajaki kerja sama dengan Cyber University asal Korea Selatan di sektor pendidikan untuk membangun AI University.

Jika kerja sama ini berjalan baik, taka AI University akan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Riau Syamsuar usai melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Cyber University Korea Selatan di ruang rapat Gubernur, Kantor Gubernur Riau, Kamis, 20 Juli 2023.

Kerja Sama ini, kata Gubri, merupakan niat bagik dari pihak Korea Selatan untuk sama-Samantha meningkatkan kualitas SDM Riau di bidang teknologi informatika (IT).

“Jadi memang pertemuan ini dalam rangka kerja sama untuk membangun sistem IT,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Gubri menyampaikan beberapa harapannya kepada perwakilan dari Cyber University Korea Selatan, terutama dalam hal meningkatkan kualitas SDM berbasis IT.

Salah satu, Pemprov Riau dari kerja sama ini, terbangunnya sebuah universitas berbasis IT yang didukung dengan kemampuan teknologi kekinian.

“Salah satu yang kami harap dari kerja sama ini ada Cyber University atau AI University yang nanti akan di bangun di Riau. Tadi yang ditawarkan AI University,” katanya.

“Ini akan jadi yang pertama di Indonesia,” katanya.

Secara umum, kata Gubri, pertemuan ini sudah menemukan titik kesepakatan, terutama komitmen dari perwakilan Korea Selatan yang ingin membantu di sektor pendidikan.

Dari Pemprov Riau, kata Gubri, karena hal ini berkaitan dengan regulasi, harus melalui beberapa kementerian, nanti mereka akan bikin surat kepada kita,” tuturnya.***

Exit mobile version