Riau Dapat Suntikan Dana Rp1,7 Triliun dari Amerika Serikat

Senin, 31 Mei 2021 14:29
Riau Dapat Suntikan Dana Rp1,7 Triliun dari Amerika Serikat
Jembatan Siak IV di Pekanbaru, salah satu bangunan iconik Riau. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau dikabarkan dapat suntikan dana bantuan sebesar Rp1,7 triliun dari Millenium Challange Corporation (MCC) — sebuah lembaga bantuan luar negeri yang dibentuk Amerika Serikat (AS) untuk membantu program pembangunan ekonomi di negara-negara.

Informasi ini diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dikutip dari Kompas.com, Senin, 31 Mei 2021.

Advertisement

MCC tertarik untuk gelontorkan uang mereka, memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp4 triliun untuk beberapa program pembangunan.

Rp1,7 triliun yang akan digelontorkan ke Riau untuk membantu UMKM dan infrastruktur, dalam rangka membangun ekonomi hijau. 

Baca: Tak Masuk Surga Orang Sombong

“Nah, salah satunya Riau yang masuk kriteria untuk mendapatkan dana ini,” ucap Suharso seperti dikutip dari Antara.

Ada 3 provinsi di Indonesia yang dapat suntikan dana hibah itu. Selain Riau,daerah lainnya adalah Sumatera Selatan, dan Sulawesi Utara.

Syamsuar, diketahui juga sudah mem-followup, perkembangan bantuan dana hibah itu ke Suharso. “Tentu saya apresiasi keseriusan Pemprov Riau mendapatkan dana ini, sehingga masuk kriteria untuk diberikan dana hibah,” ucap Suharso.

Dana hibah ini rencananya akan digunakan untuk pembangunan jalan, pengembangan kawasan industri, hilirisasi sawit, serta pengembangan pertanian, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. (bpc2)