Berita

Realisasi Vaksinasi Kelompok Lansia di Riau Masih Rendah, Satgas Covid-19: Cukup Bawa KTP Saja

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mendorong kepada masyarakat yang di rumah mereka ada orang dengan lanjut usia (Lansia) agar segera divaksinasi. 

Dia menegaskan bahwa persyaratan yang dipenuhi untuk Lansia bisa divaksin juga tidak rumit, bahkan sangat mudah. Yakni cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP. “Dengan KTP saja sudah bisa dilakukan vaksinasi,” katanya, Jumat, 18 Juni 2021.

Dokter spesialis paru ini menuturkan, sebelum Lansia dilakukan vaksinasi, tahapan – tahapan pemeriksaan juga akan dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi tubuh Lansia tersebut memungkinkan untuk divaksinasi atau tidak.

Oleh sebab itu, kata dia, dengan persyaratan yang mudah, tidak ada alasan bagi Lansia untuk tidak divaksinasi, mengingat realisasi capaian vaksinasi Lansia di Riau masih tergolong rendah.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga saat ini jumlah Lansia yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 40.929 orang atau 7 persen dari target sasaran sebanyak 582.505 orang Lansia.

Selain itu, dia juga menegaskan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna untuk meminimalisir penyebaran corona, terutama di lingkungan keluarga.

“Kita pernah dihadapkan pada situasi yang buruk akibat penyebaran covid-19 dari klaster keluarga. Oleh sebab itu selalulah taat pada protokol kesehatan, sebagai bentuk kita mencintai orang tua kita,” tuturnya. (bpc2)