PPKM Pekanbaru, DPRD: Tak Ada Ruginya Kalau Aparat Bersikap Humanis ke Pedagang

Senin, 19 Juli 2021 12:45
PPKM Pekanbaru, DPRD: Tak Ada Ruginya Kalau Aparat Bersikap Humanis ke Pedagang

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Aparat yang tergabung dalam tim Satgas penertiban PPKM Mikro di Pekanbaru diminta untuk bertindak lebih humanis kepada masyarakat dan pedagang saat mereka menjalankan tugas.

Menurut Anggota Komisi V DPRD Riau Kasir tak ada ruginya jika TNI, Polri, dan Satpol PP yang tergabung dalam tim penertiban itu bertindak lebih humanis. Justru hal itu akan menimbulkan kesan positif dan mengayomi di mata masyarakat.

Dia sependapat, di satu sisi aparat penegak hukum capek saat menjalankan perintah, namun di sisi lain juga perlu dipahami bahwa masyarakat yang berjualan tidak lain agar mereka bisa tetap makan di tengah situasi yang serba tak menentu di saat pandemi seperti ini.

“Silahkan menjalankan tugas, tapi jalankan lah secara santun, ramah, humanis,” kata Kasir kepada Bertuahpos.com belum lama ini.

Baca: Jelang MotoGP Jerman, Marc Marquez Pesimis, Sebut Dirinya Bukan yang Favorit

BACA JUGA:  Pembangunan Pasar Cik Puan, Firdaus Diminta Tak Berhitung-Hitung dengan Rakyat

Aktivitas berjualan yang dilakukan oleh para pedagang semata – mata bentuk ikhtiar mereka dengan penuh tanggung jawab dalam hal memenuhi kebutuhan keluarga. Aparat juga harus sadar ada mulut beberapa mulut yang harus disuap dengan nasi.

Masalahnya, kata dia, pemerintah tidak bisa memberikan jaminan kebutuhan hidup masyarakat di tengah pemberlakukan PPKM Mikro, sedangkan biaya pendidikan dan listrik tidak pernah ada toleransi. “Pedagang itu jualan untuk cari makan. Bagaimana mau sehat, kalau tak makan?” tambah dia.

Dia menyebut, dengan kata lain bukan berarti aparat tidak boleh tegas dalam melakukan penindakan yang sesuai dengan ketentuan PPKM. “Terhadap orang – orang yang berkumpul tak jelas, silahkan tegas. Tapi kalau masyarakat kerja cari duit, saling mengertilah. Aparat bekerja untuk makan, mereka juga berjualan untuk makan,” tuturnya. (bpc2)