PPKM Mikro Pekanbaru Tak Efektif Tangkal Laju Kasus Covid-19

Kamis, 15 Juli 2021 14:16
PPKM Mikro Pekanbaru Tak Efektif Tangkal Laju Kasus Covid-19
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi. (Diskoinfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemberlakukan PPKM Mikro di Pekanbaru, dinilai tidak efektif dalam rangka menekan angka kasus konfirmasi harian Covid-19. Hingga Rabu, 14 Juli 2021, jumlah angka kasus positif corona harian di Riau menyentuh 978 kasus. Ini angka tertinggi selama Riau dihadapkan pada masalah pandemi ini.

“Semalam merupakan tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 tertinggi di Riau selama pandemi corona berlangsung. Dan artinya itu merupakan suatu tanda atau signal bahwa pengetatan PPKM yang kita lakukan saat ini tidak efektif untuk mengontrol atau menahan laju konfirmasi Covid-19 di Riau,” ungkap Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau dokter Indra Yovi, di Pekanbaru, Kamis, 15 Juli 2021.

Dia mengatakan, Pemprov Riau sudah menggelar pertemuan persiapan untuk penerapan PPKM Darurat. Jika memang pemerintah pusat memberlakukan kebijakan itu, dia mengatakan bahwa Riau, siap.

Yovi mengakui penyebaran Covid-19 di Riau dalam sepekan terakhir, cenderung tidak terkendali. Khusus angka positif corona harian di Pekanbaru hampir 500 kasus per hari. Dijelaskan, bahwa titik psikologis Riau di angka 1.000 dan 500 untuk titip psikologis Pekanbaru.

Baca: Pengangguran di Riau Bertambah, Eddy Yatim: Ini Beban Pikiran Kita

BACA JUGA:  Per Mei 2021, Pemilih di Riau Tercatat 3,3 Juta Orang

“Maka dari itu, hal ini harus kita antisipasi, dan kalau titik psikologis ini terlewati, maka kita akan sama seperti  Jakarta, Bandung maupun Surabaya,” terangnya. (bpc2)