Berita

Polisi Yakini Ada Pihak Lain Terlibat dalam Kasus Surat Bebas Covid-19 Palsu

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepolisian menduga ada keterlibatan pihak lain dalam kasus surat bebas Covid-19 palsu yang beberapa hari lalu terungkap.

“Upaya penyelidikan hingga kini masih dilakukan. Biasanya untuk hal yang memberikan keuntungan lebih cepat, para pelaku tak sendirian,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Dia pun menuturkan bahwa polisi akan terus mengejar pelaku – pelaku lainnya terkait kasus ini. Agung meminta kepada masyarakat agar tidak mengambil jalan pintas dan selayaknya ikut pada ketentuan aturan berlaku dalam hal untuk mendapatkan surat bebas Covid-19 untuk keperluan apapun.

Sejatinya, dia berpendapat bahwa ketentuan hukum telah dikangkangi oleh siapa saja yang terlibat dalam kasus ini termasuk pihak – pihak yang memanfaatkan jasa itu untuk keperluan pribadinya. “Seharusnya ini tidak terjadi,” tutur dia.

Sebelumnya polisi menangkap pelaku pembuat surat bebas Covid-19 palsu berinisial AP alias N. 1 lembar surat itu harganya Rp50 ribu – Rp100 ribu. Polisi juga sudah menemukan bahwa pelaku sudah mengeluarkan surat bebas Covid-19 palsu sebanyak 1.252 lembar.

Sedangkan penggunanya, sama sekali tidak pernah melakukan swab antigen. Polisi juga mengungkap bahwa pelaku berprofesi sebagai calo tiket di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. (bpc2)