Polemik Ketua DPRD Kota Pekanbaru, PKS Harus Mati-matian Pertahankan Posisi Hamdani

Senin, 08 November 2021 09:00
Polemik Ketua DPRD Kota Pekanbaru, PKS Harus Mati-matian Pertahankan Posisi Hamdani

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) harus mati-matian mempertahankan posisi Hamdani sebagai Ketua DPRD Kota Pekanbaru yang sah secara ketentuan. Mengingat posisi Hamdani yang menjadi pertaruhan saat ini, merupakan marwah partai Islam itu.

“Oh, PKS harus mati-matian mempertahan posisi itu (Hamdani sebagai Ketua DPRD Kota Pekanbaru). Sejak awal ini kan masalah idealisnya Hamdani sebagai ketua, sehingga mungkin saja tidak bisa mengakomodir kepentingan eksekutif melalui kelompok – kelompok mereka di DPRD, kan,” kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Aidil Haris.

Dia menambahkan, jika pun ada desakan dari Anggota DPRD lain yang mendesak agar Hamdani diganti, maka PKS juga harus mempersiapkan dengan matang siapa pengganti yang memang cocok untuk di posisi Ketua DPRD Kota Pekanbaru dengan tidak menghilangkan prinsip dan komitmen – komitmen PKS yang telah diikrarkan sebelumnya.

“Kalaupun memang PKS tetap menginginkan Hamdani, ya, silahkan dan harus tetap dipertahankan. Apalagi kalau memang tidak ada yang dianggap mampu untuk menggantikan posisi Hamdani, maka posisi Ketua DPRD Kota Pekanbaru yang sekarang tetap harus dipertahankan,” sambungnya.

Baca: Polisi Kanada: Penabrakan Keluarga Muslim Direncanakan

Pada dasarnya, kata Aidil, Hamdani untuk saat ini adalah bentuk representasi dari PKS. Hanya saja, prinsip-prinsip yang dipegang oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru saat ini tidak bisa diharapkan untuk mengakomodir banyak kepentingan politik di internal DPRD Kota Pekanbaru.

Dia menambahkan, secara politis Hamdani mampu memberi citra PKS yang sesungguhnya. Di sisi lain, jika melihat dari jumlah kursi di DPRD Kota Pekanbaru, tetap kader PKS yang berhak untuk posisi ketua DPRD. 

Jangan sampai, kata dia, PKS membiarkan momentum posisi DPRD Kota Pekanbaru yang kini dipimpin oleh Plt, memuluskan kepentingan politik pihak lain terutama terkait penyusunan APBD Kota Pekanbaru di tahun 2022.

“Saya berharap PKS tidak mundur dan terus mempertahankan marwah partai mereka dengan terus memperjuangkan Hamdani di posisi Ketua DPRD Kota Pekanbaru. Kalau kemungkinan polemik ini melibatkan kepentingan eksekutif di APBD 2022, ya itu sangat mungkin. Publik juga sudah tahu, kok,” sebutnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Plt Ketua DPRD Kota Pekanbaru dijabat oleh Ginda Burnama. Penunjukan Ginda dilakukan secara lisan dalam rapat paripurna. 

Ginda mengklaim, awalnya dia menolak posisi tersebut dan meminta pimpinan dewan yang lain untuk menjabat sebagai Plt Ketua DPRD Kota Pekanbaru. Namun, kata Ginda, unsur pimpinan dan anggota dewan tetap meminta dirinya sebagai Plt Ketua DPRD Kota Pekanbaru. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu