Berita

Pilpres 2024, AHY Akui Demokrat Masih Harus Kerja Keras, Lobi ke Sana-sini

Share

BERTUAHPOS.COMPartai Demokrat masih harus bekerja keras membangun koalisi agar bisa mengusung calon di capres 2024 mendatang. “Kami masih terus melakukan ikhtiar,” kata Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) .

“Secara umum partai-partai harus berkoalisi, Demokrat juga demikian harus berkoalisi dengan partai lain, satu, dua, atau tiga partai agar bisa mencalonkan kandidat presiden/wakil presiden. Ini yang sedang kami ikhtiarkan.”

Hal ini disampaikan AHY melalui keterangan tertulisnya Jumat, 15 April 2022. Secara prinsip, kondisi realitas saat ini sangat berat bagi Demokrat untuk mengusung calon di Pilpres 2024. Sebab dalam ketentuannya harus memenuhi presidential threshold. “Tapi Demokrat harus optimis,” kata AHY.

Dia pun mengakui kalau Demokrat tak bisa berjalan sendiri. Sebab itu, upaya komunikasi dengan partai lain terus dibangun agar mereka dapat koalisi, meskipun hal itu tak semudah yang dibayangkan.

Poin terpenting dalam membangun koalisi, kata AHY, perlu adanya pendekatan mendalam agar visi dan misi yang diusung sama.

“Membangun koalisi tidak sama dengan membangun elektabilitas. Setiap hari kami harus ikhtiar,” terang AHY.

Sementara itu, kendala lain yang dihadapi demokrat dalam membangun koalisi, yakni situasi politik di tahun 2022, yang masih terlalu dinamis.

“Kami harus yakinkan partai, dan ini yang harus kami bangun karena masih cair masih dinamis sebab sekarang baru tahun 2022,” katanya.

Namun, AHY optimis situasi politik di akhir tahun ini sudah akan terbuka sehingga arah Demokrat pada awal tahun depan sudah dapat ditentukan.***