Berita

Pentingnya Persaudaraan untuk Mengokohkan Islam

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Umat Islam kini dihadapkan dalam situasi sulit atas gempuran fitnah, dari musuh – musuh yang memang tidak menyukai Islam. 

Sesama Muslim saling memusuhi dan saling menjatuhkan. Ini lah salah satu tanda akhir zaman.

Allah SWT dalam firmannya telah menegaskan bahwa setiap muslim itu bersaudara. Hakikat ini lah yang seharusnya menjadi pegangan kuat bagi umat islam. “Islam ibarat tubuh, jika bagian anggota tubuh yang sakit, maka sakit lah semuanya,” kata khatib dalam khutbahnya, Jumat, 4 Juni 2021.

Menumbuhkan dan memupuk persaudaran itu memang tidak mudah. Apalagi di tengah derasnya arus informasi di internet dan sosial media. Segala bentuk hal – hal yang menyudutkan Islam selalu disuguhkan secara mudah.

Umat Islam yang tak ingin memverifikasi informasi itu pastilah akan terkotak – kotak sehingga dia akan memusuhi saudaranya sendiri sesama muslim.

Ini lah salah satu strategi orang kafir untuk menghancurkan Islam. Padahal kata Rasulullah SAW, sesama muslim itu saling berkait kasis sayang. “Ibarat tubuh jika ada bagian yang sakit maka yang lain juga ikut sakit.” 

Mukmin itu seperti bangunan saling mengokohkan satu sama lain. Namun dalam kenyataannya kita diobrak abrik, bahkan oleh sesama muslim sendiri. Bagaikan buih2 di lautan yak kuat menahan kegolmbang terombang ambing. 

Persaudaraan yang diharapkan akan sulit tercapai jika umat Islam sendiri terus memandang buruk terhadap sesamanya. Padahal Allah secara terang – terangan melarang umatnya untuk berburuk sangka.

Oleh karena itu banyak hal yg harus diperhatikan. Setidaknya mulailah untuk memperbaiki diri dari diri kita sendiri. (bpc2)