Berita

Pengamat: Kepekaan Politik Masyarakat Riau Sudah Bagus

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pengamat komunikasi politik Aidil Haris mengatakan bahwa tingkat kepekaan politik masyarakat Riau saat ini cenderung sudah bagus.

Hal itu dapat dilihat dari dan bagaimana masyarakat menangkap isu-isu berbau politis terutama dalam hal menyikapi kebijakan pemerintah.

“Ini tentu saja positif bagi keberlangsungan politik daerah dalam bingkai demokrasi. Masyarakat saat ini sudah tak bisa dibodohi-bodohi dengan iming-iming politis, khususnya di Pekanbaru ya. Sebab kalau kita bicara perpolitikan di Riau Pekanbaru menjadi barometernya,” tuturnya kepada Bertuahpos.com.

Aidil Haris melihat, masyarakat sudah bisa menentukan sikap mereka dalam hal menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan kata lain, strategi politik yang selama ini cenderung ‘memanfaatkan’ kelompok tertentu sudah agak sulit diterima masyarakat.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesadaran politik masyarakat di daerah. Salah satunya bebasnya arus informasi terutama melalui sosial media. Sehingga masyarakat disuguhkan secara jelas antara janji politik dan fakta yang terjadi di lapangan.

Menurut Aidil, masyarakat di Riau, khususnya di Pekanbaru sudah memiliki kepekaan dan pengalaman politik yang bagus. 

Dinamika politisasi yang dimainkan oleh aktor politik di daerah, secara tidak langsung telah memberikan kecerdasan politik masyarakat secara baik. Apalagi di Pekanbaru, yang saat ini menjadi barometer perpolitikan di Riau. (bpc2)