Pemprov Riau Didesak Alokasikan Beasiswa Mahasiswa Al Azhar Asal Riau

Kamis, 18 November 2021 09:34
Pemprov Riau Didesak Alokasikan Beasiswa Mahasiswa Al Azhar Asal Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau diminta mengalokasikan bantuan beasiswa maupun bantuan asrama untuk mahasiswa Al Azhar Cairo Mesir asal Riau. Pasalnya, bukan saja karena jumlah mahasiswa Riau disana banyak, tetapi juga melahirkan alim ulama.

“Mahasiswa yang kuliah disana bukan orang berkecukupan, banyak yang tidak mampu. Sebagian kecil mereka yang mendapat beasiswa, pendidikan mereka disana memang gratis sppnya, tetapi mereka butuh untuk kehidupan sehari – hari, penunjang kuliah, tempat tinggal dan sebagainya,” ujar Sofyan Siroj Anggota DPRD Riau Fraksi PKS kepada pers, Kamis (18/11/2021).

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus hadir dalam hal ini karena mahasisswa Riau yang kuliah di Mesir kembali membangun negeri melayu ini. Sampai saat ini, mereka (alumni) banyak yang menjadi alim ulama, tenaga pendidik, birokrat, pengusaha dan di berbagai aspek kehidupan masyarakat bumi melayu.

Jadi sudah seharusnya, terang Sofyan Siroj yang juga lulusan Al Azhar Cairo ini, pemerintah hadir dengan memberikan beasiswa maupun bantuan asrama bagi mahasiswa Riau yang mengenyam pendidikan disana. Apalagi hampir tiap provinsi lain di Indonesia telah mengalokasikan bantuan untuk pembangunan Asrama Provinsinya sendiri bagi mahasiswanya yang kuliah di Mesir, tetapi Riau belum. Padahal mahasiswa Riau yg kuliah di Cairo pada tahun 1991 sudah mengusulkan untuk pembangunan Asrama Mahasiswa dari Riau, masih belum terwujud hingga kini.

Baca: 19 Agustus 1977: Gempa ‘The Great Sumba’ Guncang Sumbawa dan Bali

Bahkan, dana pembangunan Sekretariat mahasiswa Riau di Cairo yang terkumpul melalui Yayasan Alumni Al Azhar Riau sekitar 4 miliar seutuhnya murni berasal dari dana masyarakat. “Itu dana masyarakat, sekarang mana pemerintah kita? Mana pemimpin kita? Pemimpin kita harus hadir. Bantu mahasiswa kita disana, bantu Sekretariat Riau yang belum selesai ini,” ungkap Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar periode 2016 – 2019.

“Jadi tolonglah rencanakan bantuan beasiswa untuk mahasiswa Riau yang kuliah di Al Azhar. Tahun 2022 ini mereka sudah harus dibantu. Kedua, beri bantuan untuk memperbaiki dan melengkapi Sekretariat yang 30 persen lagi belum selesai. Mereka juga akan kembali ke Riau untuk membangun negeri melayu ini. Pemerintah harus hadir,” sebut Sofyan Siroj yang juga ketua Pembina Yayasan Alumni Al Azhar Riau.

Sofyan Siroj kembali menegaskan, mahasiswa Riau yang kuliah di Universitas Al Azhar Cairo merupakan universitas tempat lumbung ulama. Sebagian besar ulama yang ada di dunia maupun di universitas – universitas, berasal dari Al Azhar.

“Coba lihat di Riau, banyak ulama kita dari sana. Mereka ikut membangun negeri ini. Kita tahu, bahwa Moderasi Islam itu Al Azhar. Jadi, tolong bantu mahasiswa Riau yang di Mesir sekarang,” tegas Sofyan Siroj dari Fraksi PKS. (*)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 06:29

Rangnick ke MU, Klopp: Bukan Kabar Baik Bagi Tim Lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kedatangan Ralf Rangnick ke Manchester United (MU) bukanlah kabar baik bagi tim-tim Inggris yang lain.

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.