Berita

Muflihun Minta Bantuan Pemerintah Pusat Tangani Banjir di Pekanbaru

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Persoalan banjir di Kota Pekanbaru sudah menjadi masalah klasik dari tahun ke tahun, keterbatasan anggaran dari Kota Pekanbaru menjaidi salah satu kendala bagi pemerintah untuk melakukan normalisasi sungai, anak sungai dan juga drainase.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun meminta bantuan ke pemerintah pusat, dan bantuan tersebut diharapkan dapat untuk menambah anggaran operasional dan pemeliharaan.

“Saya dengan staf ahli Bappenas dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait turun ke sungai. Kami minta dana dari pusat untuk OP,” kata Muflihun, Kamis 20 Oktober 2022.

Sebelumnya Muflihun dan juga tim Bappenas sudah menyusuri Sungai Sail pada hari Ahad 9 Oktober lalu, disana terlihat jelas ada pendangkalan hingga penyempitan disepanjang Sungai Sail.

“Saya sudah berdiskusi dengan Bappenas untuk rencana ke depan. Salah satu rencana itu adalah pembelian ekskavator amfibi untuk mendukung pengerukan sungai,” ujarnya.

Pemko juga melihat potensi kucuran anggaran dari pemerintah pusat untuk menambah anggaran operasional perawatan (OP). Anggaran ini bisa membantu upaya pembenahan sungai.

“Kami juga melihat ada potensi lain yaitu menciptakan sungai yang layak. Kami akan memasang turap. Kami pasang contohnya dahulu,” tutup Muflihun. ***[Heri]