Berita

Microsoft Kini Perusahaan Paling Berharga Setelah Geser Apple Inc

Share

BERTUAHPOS.COM — Setelah berhasil menggeser Apple Inc, Microsoft kini menjadi perusahaan paling berharga di dunia. Reuters melaporkan bahwa Apple Inc mengalami penurunan nilai sebesar 2%.

Dalam laporan itu, perusahaan berlogo buah apel digigit itu alami penurunan penjualan hingga USD6 miliar selama kuartal keempat. Hal itu disebabkan rantai pasokan global terus bermasalah.

Seperti diketahui, Apple terlalu fokus pada penjualan perangkat keras, sehingga menyebabkan bisnisnya lebih rentan saat rantai pasokan produk terganggu.

Berbeda dengan Apple Inc, Microsoft lebih fokus pada penjualan perangkat lunaknya. Sehingga membuat perusahaan tersebut lebih bisa bertahan walau rantai pasok mereka terganggu.

Oleh karena itu, saham Microsoft mengalami kenaikan sebesar 2,2%.

Dikutip dari republika.co.id, penjualan cloud atau komputasi awan menjadi marak terutama karena masyarakat kini bekerja dari rumah menjadi andalan Microsoft. 

Tercatat pada 2021, Microsoft mengalami kenaikan saham hingga 49% sementara perusahaan saingannya Apple hanya mengalami kenaikan hingga 13%.

Pada 2010 Apple telah menyalip Microsoft sebagai perusahaan paling berharga di dunia berkait teknologi- teknologinya yang diburu masyarakat dunia. 

Lewat satu dekade, predikat perusahaan paling berharga kembali ke pelukan Microsoft karena kini Apple mengalami masalah penjualan. (bpc2)