Ma’ruf Amin: Terorisme Bukan Jihad, Itu Kejahatan Kemanusiaan

Rabu, 16 Juni 2021 12:20
Ma’ruf Amin: Terorisme Bukan Jihad, Itu Kejahatan Kemanusiaan
Wapres Ma’ruf Amin.

BERTUAHPOS.COM — Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin mengatakan pandangan bahwa aksi teroris adalah sebuah jihad merupakan hal yang keliru. Dia menegaskan bahwa tindakan terorisme tidak lain adalah sebuah kejahatan kemanusiaan yang tak dibenarkan oleh negara dan agama manapun.

“Bukan jihad karena karakter dasar terorisme adalah merusak dan kejahatan terhadap kemanusian,” katanya dalam sebuah acara Rabu 16 Juni 2021.

Dia juga menegaskan bahwa jika ada pihak – pihak yang mengaitkan bahwa tindakan terorisme dengan agama dan sebuah negara, hal itu juga pandangan yang salah. Sebab agama manapun tidak membenarkan tindakan – tindakan ekstremisme seperti itu. Apapun alasannya.

“Saya juga ingin menegaskan kembali, bahwa tidak ada satupun agama yang mengajarkan penganutnya untuk melakukan ekstremisme dan terorisme,” katanya.

Baca: Gabut di Sekolah, Guru di Sumba Ini Sampai Ganggu Serangga Kawin

BACA JUGA:  Azzam Mujahid: Jangan Sampai Tidak Berjihad, Tapi Malah Mencela

Maruf mengatakan dalam pandangan Islam, ekstremisme dan terorisme atas nama agama merupakan perbuatan yang berlebihan dalam beragama. Itu bukan jihad yang akan melakukan perbaikan, melainkan karena karakter dasar terorisme adalah merusak.

Dia mengakui bahwa kini Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang dinamis. Sehingga informasi menyebar sangat luas dan cepat tanpa batas ruang dan waktu termasuk soal nilai-nilai radikalisme dan ekstremisme.  (bpc2)