Kuansing Diusulkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

Selasa, 14 September 2021 11:06
Kuansing Diusulkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

BERTUAHPOS.COM, KUANSING — Wakil Bupati Kuansing Suhardiman Amby didampingi kepala Dinas Pariwisata Indra Suandi pada acara kunjungan Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif Dr H Sandiaga Uno BBA, MBA, Minggu 12 September 2021 di gedung LAM Riau jalan Diponegoro Pekanbaru dan sekaligus peresmian gedung  sentra Budaya Dan Ekonomi kreatif Melayu Riau.

Adapun dalam kesempatan Kunjungannya tersebut Wakil Bupati Suhardiman Amby didampingi kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi Indra Suandi juga menyampaikan, berbagai usulan Kabupaten  Kuansing menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) kepada menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menperkraf) RI Sandiaga Uno.

Pada kesempatan kunjungan di gerai kabupaten Kuansing Menteri Sandiaga Uni sangat tertarik berbagai tampilan produk dari Kabupaten Kuansing mulai dari hasil tenunan batik sampai ke produk lain, dan tidak ketinggalan juga Wakil Bupati Suhardiman juga menyerahkan cendramata Replika Jalur kepada Menteri Pariwisata dan Ekomoni Kreatif Sandiaga salahudin Uno.

Terakhir secara umum Menteri Sandiaga Uno dalam sambutannya, yang didahului dengan pantun Menteri Sandi mengungkapkan, bahwa setelah peresmian gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif pada 3 Juli 2021 kemarin pihaknya baru bisa berkunjung ke Balai LAM pada hari ini.

Baca: Sensasi Berbeda di Kamar Termewah Grand Tjokro Pekanbaru

“Alhamdulilah pada hari ini saya bisa melihat secara langsung gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif melayu bertempat di Balai LAM Riau,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan akan terus mendorong dengan baik Riau Government Of Melayu atau Pemerintahan Melayu di Bumi Lancang Kuning ini bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau, SKK Migas dan Chevron. “Insyaallah saya akan terus mendorong Riau Goverment Of Melayu dengan baik bersama pihak terkait,”

Selain itu, pihaknya berharap dengan adanya gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif melayu ini dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar. “Semoga gerai sentra budaya dan ekonomi kreatif ini akan membawa kemajuan bagi kita dan dapat membuka lapangan kerja seluas luasnya,” harapnya.

Sandi juga menuturkan, meskipun dalam situasi pandemi COVID-19 pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov Riau) bagaimana meningkatkan wisata-wisata nasional dalam yang ada di Riau. 

Akan tetapi pihaknya lebih memprioritaskan keselamatan dan kesehatan masyarakat Riau. “Untuk itu kami terus berkoordinasi dengan Pemprov Riau, tapi yang paling kita prioritaskan adalah keselamatan dan kesehatan masyarakat Riau,” tutupnya.

Ikut mendampingi Menparekraf RI, Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi,  Ketua Dewan Pimpinan Harian LAM, Datuk Seri Syahril Abu Bakar, Wakil Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen dan beberapa tamu undangan. (rilis/bpc10)