Korban Tabrak Lari di Rimbo Panjang Terima Santunan Jasa Raharja

Selasa, 23 November 2021 16:58
Korban Tabrak Lari di Rimbo Panjang Terima Santunan Jasa Raharja

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — PT. Jasa Raharja sebagai BUMN pelaksana program perlindungan dasar kepada korban Kecelakaan Lalu Lintas menyerahkan santunan meninggal dunia balita usia 13 bulan yang mengalami insiden tabrak lari pada Minggu, 21 November 2021 di Jalan Raya Pekanbaru – Bangkinang KM 24, Desa Rimbo Panjang, Tambang, Kampar, Riau.

Penyerahan santunan dilakukan melalui rekening ahli waris korban yakni orang tua dari M Anshor yang juga turut menjadi korban tabrak lari pada kejadian tersebut dengan besaran santunan Rp50 juta. 

Sebagaimana diketahui pada Minggu, 21 November 2021, sekira pukul 10:20 WIB telah terjadi kecelakaan tabrak dari belakang Mobil Avanza dengan Sepeda Motor Vixion yang mengakibatkan seorang balita dalam gendongan terpental dan meninggal dunia. Sedangkan pengendara dan pembonceng yang adalah orang tua korban juga mengalami cedera luka berat.

Untuk korban pengendara sekaligus orang tua korban M Anshor, dirawat di RS Awal Bross Panam Pekanbaru dan korban Cici Eliska, di RS Hermina Pekanbaru. Jasa Raharja juga telah mengeluarkan jaminan biaya pengobatan dengan nilai maksimum Rp20 Juta kepada pihak korban luka.

Baca: KS Tiga Naga vs Semen Padang, Laga Saling Sikut ke Jurang Degradasi

Dari informasi yang diperoleh atas penyelidikan kepolisian, Kanit Laka Polres Kampar IPDA Hermoliza SH mengatakan mobil Toyota Avanza diduga BM 1761 ZP melaju dengan kecepatan sangat tinggi bergerak dari arah yang sama yaitu Pekanbaru menuju Bangkinang. Akibat kehilangan kendali, seketika itu pula menabrak bagian  belakang Yamaha Vixion sehingga terdorong sampai 100 meter.  

Dorongan benturan yang keras menyebabkan pengendara dan penumpang sepeda motor terpental ke atas badan jalan, sementara seorang anak balita bernama terpental ke seberang jalan. Ketiga korban dibawa ke rumah sakit Awal bros, Panam, pengendara mobil penabrak kabur meninggalkan TKP.

Petugas Jasa Raharja Siti Izrizkiah yang mendapat laporan dari Unit Laka Polres Kampar, mendatangi lokasi bersama kepolisian untuk olah TKP serta mengunjungi korban dan melengkapi semua persyaratan administrasi untuk proses klaim santunan. 

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Riau M. Iqbal Hasanuddin, melalui Kasubbag SW dan Humas Hamzah Arridho mengatakan, walaupun kasus yang terjadi termasuk dalam terkategori sebagai tabrak lari, sepanjang itu dapat dibuktikan oleh kendaraan bermotor lain, korban maupun ahli warisnya tetap diberikan jaminan oleh Jasa Raharja. 

“Jadi jaminan yang diberikan sesuai Undang Undang ini lebih menitik beratkan pada perlindungan korbannya tanpa harus mengetahui identitas penabrak tau pun pelaku,” terang Hamzah.

Dijelaskan juga sumber dana santunan itu sendiri merupakan perolehan dari pembayaran Pajak Kendaraan dan SWDKLLJ kendaraan bermotor di Samsat. 

“Jadi setiap pembayaran registrasi tahunan kendaraan dengan sendirinya telah ikut membantu korban kecelakaan,” terangnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar taat bayar pajak yang didalamnya sudah termasuk pembayaran SWDKLLJ. Hal ini, kata dia, akan sangat membantu pemerintah dan Jasa Raharja dalam memberikan bantuan santuan perlindungan dasar bagi korban dan keluarganya. 

“Ditambah lagi saat ini masih berlangsung Pergub Riau tentang penghapusan denda keterlambatan pembayaran pajak dan keringanan denda SWDKLLJ sampai dengan Tanggal 9 Desember 2021,” sebutnya. (rilis)

Berita Terkini

Kamis, 02 Desember 2021 19:23

2 Korban Dilaporkan Meninggal dalam Insiden Kebakaran Gedung Cyber 1

Dua korban meninggal adalah pengunjung gedung

Kamis, 02 Desember 2021 18:06

Al-Azhar Kecam Serbuan Israel di Mesjid Ibrahimi

Serangan itu merupakan tindakan terang-terangan terhadap kesucian Islam.

Kamis, 02 Desember 2021 17:24

Obat Alami Untuk Leher yang Kaku dan Tegang

Terlalu lama duduk di depan laptop, atau tidur dengan posisi yang salah bisa membuat leher terasa kaku dan sakit

Kamis, 02 Desember 2021 17:14

Matangkan Pembukaan S2 Manajemen Dakwah, FDK UIN Suska Riau Studi ke Fidkom UIN Syahid

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) menggesa pembukaan program studi magister (S2).

Kamis, 02 Desember 2021 16:30

KS Tiga Naga Degradasi, CEO Klub Minta Pemain Bertahan

CEO KS Tiga Naga, Rudi Sinaga meminta pemainnya untuk tetap bertahan, walau musim depan mereka akan berlaga di Liga 3.

Kamis, 02 Desember 2021 16:20

Tips Cara Gampang Terhindar Dari Sakit Batu Ginjal

Tak ada siapa pun yang ingin terkena penyakit, apalagi jenis sakit yang menyerang organ vital dalam tubuh seperti batu ginjal.

Kamis, 02 Desember 2021 15:33

Persembahan Spesial Hotel Khas Pekanbaru, Minuman Laksamana Mengamuk

Hotel Khas Pekanbaru memiliki persembahan istimewa, minuman khas Melayu Riau, Laksamana Mengamuk.

Kamis, 02 Desember 2021 15:28

Matangkan Rencana Politik, 3 Syarat Maju Pilpres 2024 Menurut Ridwan Kamil

Ridwan Kamil—Gubernur Jawa Barat ungkap rencana politiknya dalam beberapa tahun ke depan.

Kamis, 02 Desember 2021 14:37

Di City, Pep Guardiola Kalahkan Rekor Sir Alex Ferguson

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memecahkan rekor kemenangan milik Sir Alex Ferguson di Manchester United (MU).

Kamis, 02 Desember 2021 13:10

Soal Kekosongan Jabatan Kadiskes, Syamsuar Pastikan Tak Ganggu Penanganan Covid-19

“Kami pastinya penanganan covid-19 akan tetap berjalan seperti biasanya.”