Kim Jong-un Akui Korea Utara Kekurangan Pangan

Jumat, 18 Juni 2021 06:34
Kim Jong-un Akui Korea Utara Kekurangan Pangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un mengakui negaranya kini kekurangan pangan.

Menurut Kim, badai dan topan pada tahun 2020 lalu telah menghancurkan ladang di Korut. Karena itu, dia memperingatkan bahwa kini krisis pangan sedang mengancam negaranya.

Hal itu disampaikan Kim saat berpidato di rapat pleno Partai Buruh, Rabu, 16 Juni 2021 sore, kantor berita Korur KCNA melaporkan.

Menurut Kim, bencana lingkungan yang dialami Korut membuat negaranya menghadapi situasi yang buruk tahun ini. Meski demikian, Kim mengatakan secara umum ekonomi negaranya menuju perbaikan.

Baca: Jokowi Tunjuk Menko Maritim Luhut pimpin PPKM Darurat Jawa-Bali

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) memperkirakan Korut kekurangan 860,000 ton bahan makanan. Jumlah tersebut sama dengan persediaan selama dua bulan.

BACA JUGA:  Korut Dikabarkan Punya 650 Rudal Balistik dan 60 Hulu Ledak Nuklir, Ngeri!

Untuk mengatasi kekurangan pangan, pada 2020 lalu, Korut menggalakan penanaman padi. Namun, sebagian besar rusak akibat badai yang menghantam negara tertutup tersebut.

FAO kemudian memperingatkan jika Korut tak mendapatkan impor atau bantuan pangan, maka negara tersebut akan menghadapi masa sulit pada Agustus dan Oktober 2021. (bpc4)