Keterisian Tempat Tidur di RS Sudah 50%, Satgas Covid-19 Riau: Sudah Relatif Stabil

Selasa, 24 Agustus 2021 11:26
Keterisian Tempat Tidur di RS Sudah 50%, Satgas Covid-19 Riau: Sudah Relatif Stabil
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi. (Diskoinfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Satgas Penanganan Covid-19 Riau mencatat tingkat keterisian tempat tidur atau BOR di Rumah Sakit Rujukan Pemerintah atau RSUD Arifin Achmad terus mengalami penurunan. Secara persentase, hingga kini sudah di kisaran 50%.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi dalam keterangan resminya yang diterima Bertuahpos.com, Selasa, 24 Agustus 2021. “Saat ini keterisian ruang isolasi COVID-19 rumah sakit di Riau sudah relatif stabil. Atau sudah 50 persen,” kata dr Yovi.

Dia menambahkan, penurunan BOR di rumah sakit di Riau seiring dengan turunnya angka kasus terkonfirmasi Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan. Sewajarnya, hal ini juga berdampak terhadap tuturnya jumlah ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19. “Jadi penurunan BOR yang 50% itu untuk ruangan isolasi non ICU,” tuturnya.

Satgas Penanganan Covid-19 Riau juga mencatat untuk ketersediaan tempat tidur di ruang ICU khusus Covid-19 di Riau berkisar di angka 60%, atau masih tergolong tinggi.

Baca: Disdik Pekanbaru Awasi Prokes Sekolah Setiap Hari

Indra Yovi menuturkan, memang ada banyak pasien corona dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi berat, sehingga memerlukan penanganan khusus di ruang ICU.

Atas dasar ini, dia meminta kepada masyarakat penderita Covid-19 yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh. “Jika sudah ada sesak nafas, kami harap pasien segera dilarikan ke rumah sakit agar segera mendapat pertolongan medis,” tuturnya. (bpc2/Melba)