Kebanyakan Tidur Rezeki Sempit, Ini 4 Hal yang Harus Dihindari Agar Pintu Rezeki Selalau Terbuka

Sabtu, 06 November 2021 19:02
Kebanyakan Tidur Rezeki Sempit, Ini 4 Hal yang Harus Dihindari Agar Pintu Rezeki Selalau Terbuka

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Allah SWT telah menjamin rezeki setiap makhluk ciptaannya. Bahkan Allah telah menjamin rezeki seekor semut yang berada di lubang yang kecil. 

Meski demikian, Islam mengajarkan umatnya untuk selalu ikhtiar tanpa putus. Kesungguhan dan ketekunan serta berserah diri kepada sang pencipta menjadi kunci utama untuk mendapatkan rezeki halal.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda; Berusahalah untuk duniamu seakan kau hidup selamanya. Dan beribadahnya untuk akhiratmu seolah-olah esok engkau tiada.

Meski telah menjamin rezeki hambanya, namun Allah murka terhadap orang yang bermalas-malasan. Kita tidak pernah tahu dari mana Allah menurunkan rezeki, namun berusaha merupakan cara yang harus dilakukan untuk mendapat rezeki. 

Baca: Pola Perdagangan Beras di Riau, Harga Naik Hingga 20% Lebih Saat Tiba di Masyarakat

Dalam Islam dijelaskan pula bahwa ada sejumlah kebiasaan yang bisa menjadi penghalang rezeki datang. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dimurkai Allah SWT sehingga jika tidak segera diperbaiki dapat membuat rezeki semakin terhalangi.

Dikutip dari Instagram @ustadzamifju, berikut empat kebiasaan yang menjadi penghalang rezeki datang.

Orang yang sering berbuat dosa (maksiat). Dosa merupakan salah satu penghalang rezeki Anda tak kunjung datang. Oleh Karena itu segera menghindari dosa dangan cara bertaubat.

Enggan berbagi air. Dahulu Rasulullah pernah menjelaskan bahwa terdapat lima hal yang harus dibagi dalam Islam, yakni air, garam, api, jarum, dan ragi. Apabila lima hal itu tak dibagi maka keburukan dalam hidupmu akan terus terjadi bahkan bisa menjadi penghalang rezeki.

Terlalu banyak tidur. Dijelaskan dalam hadist Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 212 bahwa Allah memberikan rezeki kepada semua orang yang dikehendakinya tanpa data batasan. Tentu saja rezeki yang akan didapat tidak datang secara cuma-cuma, tetapi harus disertai dengan kerja keras.

Pernah mencela fenomena alam. Siapa sangka perbuatan ini ternyata bisa menjadi penghalang rezeki, kendati Anda telah berusaha. Menurut Islam, dahulu dikisahkan oleh seorang sahabat kepada Rasulullah SAW mengenai rezeki yang seret. Lantas Rasulullah SAW mengatakan jika mungkin engkau pernah mencela angin dan itu bisa menghambat rezeki. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu