Karhutla, Rohil Masih Membara

Rabu, 21 Juli 2021 14:32
Karhutla, Rohil Masih Membara

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Karhutla di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) masih terjadi. Laporan BPBD Provinsi Riau, lokasi persisnya di Kubu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan saat ini tim Satgas Karhutla Rohil dan Manggala Agni Dumai tengah berjibaku memadamkan api di Rohul. Disamping itu pihaknya dari Satgas Karhutla Provinsi Riau juga telah menurunkan personel BPBD dibantu Satpol PP Riau.  

Berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari ini terpantau 55 titik panas (Hotspot), dimana 47 titik diantaranya titik api (Firespot) di Rohil. 

“Iya hari ini di Riau ada 55 titik panas, 47 titik diantaranya firespot di Rohil. Itu kebakaran satu hamparan di Kubu, Rohil,” katanya, Rabu, 21 Juli 2021 di Pekanbaru.

Baca: Lokasi Wisata Siak Tutup, Seluruh Area Disemprot Disinfektan

BACA JUGA:  Air Gambut Riau Hitam dan Kotor? Sekarang, Dulu Lain

Setidaknya 2 helikopter dikerahkan ke lokasi Karhutla untuk membantu proses pemadaman api dengan water bombing. “Heli sudah bergerak sejak pagi,” tuturnya.

“Tim cukup kesulitan untuk melakukan pemadaman kebakaran di Rohil. Pasalnya bahan bakar cukup luas, dan angin cukup kencang sehingga api cepat meluas,” terangnya.

“Bahan bakunya cukup luas di sana, semak dan ilalang. Kemudian ditambah lagi angin cukup kencang, makanya api cepat meluas,” ujarnya. (bpc2)