Kadishub Provinsi Riau Imbau Berikan Perlindungan Kepada Pengguna Jasa Angkutan Umum Perairan

Kamis, 05 Agustus 2021 18:02
Kadishub Provinsi Riau Imbau Berikan Perlindungan Kepada Pengguna Jasa Angkutan Umum Perairan

BERTUAHPOS.COM – Kepala Dinas Perhubungan (kadishub) Provinsi Riau Andi Yanto Mengimbau kepada semua pemilik dan pengelola angkutan umum kapal laut, sungai, penyeberangan dan danau untuk tidak abai dalam memberikan perlindungan kecelakaan bagi semua pengguna jasa perairan. Hal itu dikatakannya dalam kegiatan Kampanye Keselamatan Transportasi di Terminal Bandar Laksama Indragiri Hilir, Tembilahan, pada Rabu 4, Agustus 2021.

Kegiatan kampanye dan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Indragiri Hilir Rabu (4/8) tersebut turut dihadiri Plt. Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Riau Ilham, SH, Kepala Bapenda Riau H. Herman, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. Rudiansyah, M.Si, KSOP Tembilahan Suratno, Kepala UPT Bapenda Tembilahan Fuadilazy Pimpinan PT. Pelindo, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dishub Inhil, Operator Angkutan Perairan dan Angkutan Umum di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pada pertemuan tersebut, Kadishub Riau Andi Yanto, SH, MH dalam arahannya mengajak Operator Angkutan agar memenuhi Standar Keselamatan Transportasi karena Kecelakaan transportasi di perairan bisa saja terjadi untuk itu sarana keselamatan mesti dilengkapi seperti Life Jacket, Life Buoy (Pelampung), di samping itu semua penumpang pengguna jasa angkutan juga wajib medaftarkan kapalnya ke Jasa Raharja untuk mendapatkan jaminan perlindungan kecelakaan, dimana hal tersebut sesuai dengan Undang Undang No. 33 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Pimpinan PT. Jasa Raharja Cabang Riau Ilham menegaskan bahwa PT. Jasa Raharja sebagai BUMN pelaksana Program dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Program Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan menyatakan kesiapannnya untuk memberikan perlindungan kepada semua pengguna jasa angkutan perairan khususnya di wilayah Indragiri Hilir.

Baca: Buntut Aukus, Prancis Tarik Dubes dari Australia dan AS

Ditambahkannnya agar semua operator, pemilik maupun pengelola transportasi air agar memebkali administrasi dan peiizinan agar memudahkan proses jaminan dari Jasa Raharja.

Pada kesempatan tersebut, PT. Jasa Raharja juga memberikan Bantuan Safety Jacket sebanyak 15 buah dan Lifebouy (Pelampung) sebanyak 20 buah kepada dinas perhubungan untuk diteruskan kepada Operator Angkutan Air.

Kadis Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. Rudiansyah, M.Si mengucapkan terimakasih atas perhatian dan support kepada pengelola angkutan umum mudah-mudahan kesadaran terhadap keselamatan transportasi semakin kuat dengan demikian kita mampu meminimalisir resiko. (Rilis)