Berita

Jokowi ke Bawahan: Kita Nggak Minta, Kalau Ada Asing Mau Beri Bantuan, Diterima!

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan enggan untuk meminta bantuan dari asing, terkait penanganan kasus corona (Covid-19) di Indonesia.

Kata Mahfud, hal tersebut merupakan pesan Presiden Jokowi kepada jajarannya. Pernyataan ini disampaikan Mahfud MD dalam dialog dengan sejumlah tokoh agama yang digelar secara virtual, Kamis, 29 Juli 2021.

“Namun demikian, negara Indonesia tak mau bersikap arogan atau sombong,” katanya, dikutip Kamis, 29 Juli 2021.

Mahfud mengatakan, Jokowi berpesan agar tetap menerima bantuan dari negara asing, jika ada negara lain yang ingin menyalurkan bantuannya ke Indonesia dalam penanganan Covid-19. Dengan catatan, bantuan dari negara lain datang tanpa diminta.

“Kalau minta bantuan itu enggak. Kita sudah dibilang oleh Pak Presiden kita jangan minta bantuan. Tapi kalau ada yang mau membantu kita terima, dan itu bantuan datangnya tanpa kita minta,” kata Mahfud menegaskan pernyataan Jokowi.

Dia menambahkan, pemerintah juga tidak malu saat Indonesia menerima banyak bantuan dari negara lain. Sebab, memberi dan menerima bantuan adalah hal wajar dilakukan dalam hubungan internasional.

Mahfud juga menuturkan, sebagai negara yang tidak kaya, Indonesia juga masih bisa memberikan bantuan kepada Australia dan Jepang saat negara itu dilanda kebakaran hutan dan tsunami. Sebaliknya, saat Indonesia dilanda bencana banyak bantuan yang masuk dari berbagai negara.

Dicontohkannya, bantuan berdatangan dari Singapura, Amerika Serikat, dan negara lainnya saat kasus Covid-19 di Indonesia meledak. “Enggak malu-malu karena kita enggak minta juga dibantu, tapi juga kita punya program impor, tidak menggabungkan pada bantuan itu,” katanya. (bpc2)