Jangan Langsung Diberi Daging, Berikut Ini Tips Memelihara Musang dari Ahlinya Agar Cepat Jinak

Memelihara musang

Tips memelihara musang itu susah-susah gampang. Sebab, musang merupakan salah satu hewan liar di habitatnya. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tips memelihara musang itu susah-susah gampang. Sebab, musang merupakan salah satu hewan liar di habitatnya.

Tips memelihara musang agar lebih cepat jinak memang diperlukan perlakukan khusus. Meski demikian, sebagai hewan, susang tetap punya insting untuk mempertahankan diri sesuai dengan karakter alamiahnya.

Jika bagi petani dan peternak musang adalah hama, namun bagi sebagian orang hewan bertaring dan berkuku tajam ini merupakan hewan lucu dan menggemaskan.

Tak ayal, ada banyak para pecinta musang bermunculan, termasuk di Kota Pekanbaru. Bahkan para pecinta musang ini tergabung dalam sebuah komunitas Musang Lovers Pekanbaru.

Seorang anggota komunitas Musang Lovers Pekanbaru, Teguh menjelaskan, bagaimana cara sukses memelihara musang agar hewan liar ini bisa jinak dan bisa menjadi teman layaknya hewan peliharaan pada umumnya.

Teguh menyebut, memelihara musang memang tidak gampang. Namun bukan berarti hewan yang satu ini tak bisa jinak. Terutama setelah mendapatkan perlakukan khusus dari si pemiliknya.

“Kalau kita menyerahkan memelihara musang bagi pemula dari umur awal supaya musang terlatih jinak,” katanya di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, perlakuan hingga makanan yang dikonsumsi harus berbeda di setiap usianya.

Pemberiaan pakan yang berbeda ini akan sangat menentukan perilaku jinak hewan nokturnal ini. “Usia ideal mulai dipelihara itu sekitar 1 sampai 2 bulan,” kata Teguh.

Di usia ini, kata dia, musang akan lebih mudah untuk dilatih menjadi jinak dan akan lebih mudah mengenal tuannya sendiri.

Selain itu, hal penting lainnya agar sukses memelihara musang, yakni jenis makanan yang diberikan idealnya menyesuaikan dengan pertumbuhan musang

“Untuk makannya diberikan secara bertahap, tidak langsung daging,” tambahnya.

Dijelaskan untuk usia musang yang masih bayi hingga berusia 2 bulan, cukup diberikan susu formula setiap 4 jam sekali. Lalu di usia 1-2 bulan musang sebaiknya diberi makan bubur bayi.

“Di usia selanjutnya kita sudah bisa beri makan buah-buahan. Kemudian  usia 4 bulan ke atas sudah bisa diberi daging seperti kepala ayam,” tuturnya.

Perawatan lainnya, musang peliharaan harus dimandikan minimal seminggu sekali dengan menggunakan sampo bayi. “Kalau pakai sampo bayi bulunya nggak rontok,” kata Teguh.

Selain itu juga perlu dilakukan suntik vaksin dan rabies setiap 1 tahun sekali. Begitulah tips memelihara musang agar cepat jinak.***

Exit mobile version