Berita

Cara Memelihara Musang Bagi Pemula, Beda Usia Beda Makananya

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Cara memelihara musang memang tidak gampang. Namun bukan berarti hewan yang satu ini tak bisa jinak setelah mendapatkan perlakukan khusus.

Teguh selaku Anggota Musang Lovers Pekanbaru mengatakan, cara memelihara musang bagi pemula disarankan dari umur awal supaya musang terlatih jinak. 

Tak hanya itu, perlakuan hingga makanan yang dikonsumsi harus berbeda di setiap usianya agar membentuk perilaku jinak hewan nocturnal ini. 

“Kita menyarankan dari kecil umur 1 bulan 2 bulan, agar melatih musang menjadi jinak dan terbiasa sama tuannya. Kalau makanan juga diberi secara bertahap, tidak langsung daging,” ucapnya kepada Bertuahpos.com. Berikut ini cara memelihara musang bagi pemula:

Makanan Musang Umur 0-2 Bulan

Musang bayi berumur 0-2 bulan dapat diberikan susu formula setiap 4 jam sekali. Sebaiknya susu formula non laktosa rasa vanilla. Susu berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalsium, tumbuh kembang musang. 

Makanan Musang Umur 1-2 Bulan

Makanan terbaik musang berumur 1-2 bulan yaitu bubur bayi yang berasa buah-buahan seperti bubur pisang. Bubur bayi mengandung bermacam gizi, dan mudah ditemui juga tekstur dari bubur yang halus sehingga mudah dicerna musang.

“Musang umur 1 atau 2 bulan kita beri makan bubur bayi yang rasa buah-buahan seperti pisang, karena bubur itu halus jadi mudah dicerna sama pencernaannya. Juga gizinya banyak,” ucap Teguh.

Teguh selaku Anggota Musang Lovers Pekanbaru memberikan tips cara memelihara musang bagi pemula / Foto: Ayu.

Makanan Musang Umur 2-3 Bulan

Apabila musang telah memasuki usia 2-3 bulan diberi makan buah-buahan seperti pisang, apel, dan pepaya, juga diberikan vitamin minyak ikan 2 minggu sekali agar pertumbuhan dan gizi musang seimbang. 

“Musang umur 2-3 bulan kita saranin kasih makan buah buahan, seperti pisang, apel dan pepaya. Diusahakan yang rasanya manis, musang suka. vitamin minyak ikan diberi sekali dua minggu,” ujar Teguh.

Makanan Musang Umur 4-5 Bulan

Makanan terbaik musang di usia 4 sampai 5 bulan ialah memberi musang makanan kepala ayam, karena mengandung gizi untuk menunjang pertumbuhan otot. Selain itu pemberian suplemen dan buah tetap dilakukan. 

“Musang usia 4 sampai 5 bulan, mulai kita beri kepala ayam karena mengandung gizi untuk pertumbuhan ototnya. tapi seperti buah dan vitamin tetap jalan,” kata Teguh.

Teguh mengatakan selain makanan yang disesuaikan setiap umur musang sebaiknya dimandikan seminggu sekali menggunakan sampo bayi agar bulunya tidak rontok. Selain itu juga perlu dilakukan suntik vaksin dan rabies setiap 1 tahun sekali.

Itulah cara memelihara musang yang disarankan bagi kami para pemula.***[Ayu]