Berita

Gubri Syamsuar Buka Porprov X Riau, Kabupaten Meranti Kemana?

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar secara resmi membuka event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Sabtu 12 November 2022 malam.

Pembukaan diawali dengan tarian khas dari Kabupaten Kuansing yaitu tari sambah cerano dan kemudian defile dari masing-masing kontingen 12 kabupaten kota yang ada di Riau.

Terlihat para datuk atau sesepuh dari Kabupaten Kuansing juga turut menghadiri pembukaan ini, selain Syamsuar juga terlihat Bupati Kuansing Suhardiman Amby dan juga Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin.

Dalam sambutannya Syamsuar mengatakan ajang Porprov merupakan ajang yang dinanti oleh atlet dan juga masyarakat Riau, Porprov ini merupakan ajang untuk meraih prestasi bagi atlet-atlet di daerah. Ia menyebut, Porprov juga ajang kompetisi dalam mengikuti ajang olahraga yang lebih tinggi.

“Porprov adalah ajang seleksi untuk bisa mengikuti pra PON pada tahun 2023 mendatang. Tak hanya pra PON, porprov juga sebagai ajang untuk meraih prestasi ditingkat berikutnya,”

Selain itu Syamsuar juga meminta ajang Porprov ini dijadikan ajang silaturahmi antar atlet dan juga masyarakat dari 12 kabupaten dan kota, sehingga Porprov juga bisa dimanfaatkan menjadi momok untuk kebangkitan ekonomi masyarakat.

“Porprov ini sangat dinantikan oleh segenap masyarakat Kuansing dan Riau umumnya. Karena disamping sukses prestasi namun juga mampu menghidupkan ekonomi kerakyatan dan sentra UMKM,” sebutnya.

Dalam pembukaan Porprov X Riau yang berpusat di Stadion Spot Center Kuansing ini dihadiri oleh ribuan pasang mata, selain itu masyarakat Kuansing juga dihibur dengan pesta kembang api dan juga tarian kolosal.

Dari 12 kabupaten kota yang menjadi peserta Porprov X Riau, pada defile tidak terlihat kontingen dari Kabupaten Meranti. Diduga kuat hal ini terjadi lantaran kontingen Kabupaten Meranti tidak memiliki anggaran untuk mengikuti Porprov X Riau.