Fakta-Fakta di Balik Keindahan Pulau Jemur Rohil yang Belum Banyak Diketahui Orang

Jumat, 08 Oktober 2021 19:04
Fakta-Fakta di Balik Keindahan Pulau Jemur Rohil yang Belum Banyak Diketahui Orang
Pesona Pulau Jemur (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pulau Jemur merupakan satu dari sekian banyak pulau di Provinsi Riau, dan salah satu pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Pulau yang secara geografis terletak di Kabupaten Indragiri Hilir (Rohil), Riau, ini memang dikenal menyimpan segudang pesona keindahan wisata bahari.

Sejak lama pemerintah telah menetapkan kawasan ini sebagai objek wisata, namun lantaran letaknya yang sangat jauh dengan akses terbatas, Pulau Jemur sejauh ini hanya bisa dinikmati segelintir orang.

Sahabat Bertuahpos, berikut ini beberapa fakta yang belum banyak diketahui di balik keindahan Pulau Jemur. Simak sampai habis ya.

Baca: Mati Dalam Kemaksiatan Diganjar dengan Neraka Jahanam

Pulau Terluar dan Lebih Dekat dengan Sumatera Utara

Seperti diketahui bersama, bahwa Pulau Jemur merupakan salah satu pulau terluar di Provinsi Riau. Persisnya, kawasan objek wisata bahari ini berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau.

Pulau Jemur juga berbatasan langsung dengan Negeri Jiran Malaysia. Perairan lepas yang dapat disaksikan dari pulau ini tidak lain adalah Selat Malaka. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari  Ibukota Kabupaten Rokan Hilir Bagan Siapiapi, dan 45 mil dari Negara  tetangga Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi  yang terdekat dari Pulau Jemur. 

Pulau Jemur Adalah Gugusan Pulau

Pulau Jemur merupakan gugusan pulau-pulau merupakan fakta selanjutnya yang tidak banyak diketahui orang. Salah satu bukti bahwa kawasan ini merupakan gugusan pulau, lantaran terdapat pula pulau-pulau lainnya yang masih satu kesatuan dengan Pulau Jemur. Diantaranya, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta  pulau-pulau kecil Lainnya.

Habitat Penyu Hijau

Selain menyuguhkan pemandangan indah bernuansa bahari, Pulau Jemur diketahui sebagai tempat persaingan atau menjadi habitat penyu hijau, terutama di saat musim bertelur. Salah satu daya tariknya, lantaran memang hamparan pasir putih di pulau ini terbentang luas. Para penyu-penyu ini akan menghabiskan sejumlah waktu untuk mereka bertelur hingga menetaskan bayi-bayi penyu sebelum melakukan perjalanan ke tempat lain.

Akses ke Pulau Jemur Sulit

Akses untuk menuju ke Pulau Jemur tergolong sulit, ini salah satu fakta yang tak terbantahkan. Untuk mencapai pulau ini, Sahabat Bertuahpos perlu menempuh setidaknya 5 jam perjalanan laut menggunakan perahu dari Markas TNI AL Lanal Tanjung Balai Asahan menggunakan sea rider.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit sebab para pengunjung harus menyewa kapal untuk melakukan perjalanan ke Pulau Jemur. Hal itu mengingat belum adanya aktivitas angkutan penumpang secara khusus ke pulau itu. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 28 Oktober 2021 20:19

Video: Suasana di Kantor Kejari Kuansing Sempat Memanas, PH Desak Indra Agus Lukman Dibebaskan

Indra Agus Lukman, Kejari, Kuansing

Kamis, 28 Oktober 2021 19:29

Barca Tunjuk Sergi Barjuan Sebagai Pelatih Sementara

Barcelona

Kamis, 28 Oktober 2021 19:25

DBH Untuk Riau Turun Rp300 Miliar

DBH

Kamis, 28 Oktober 2021 16:05

Ini Kata dr Tirta Soal Gelombang Ketiga Covid-19

dr Tirta, Covid-19

Kamis, 28 Oktober 2021 15:22

Video: Night Ride – Pekanbaru Downtown

Motovlog

Kamis, 28 Oktober 2021 15:02

Kim Jong-un Perintahkan Warganya Kurangi Makan Hingga 2025

Kim Jong-un, Korut

Kamis, 28 Oktober 2021 15:02

Anies Baswedan: Orang Baik Masuk Politik Dipermasalahkan

Anies Baswedan