Durhaka Menghina Secara Halus Orang Tua

Jumat, 03 September 2021 08:31
Durhaka Menghina Secara Halus Orang Tua

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU –  Tanpa disadari, banyak anak yang melakukan dosa besar durhaka karena menghina orangtuanya. Namun, hinaan ini ternyata tidak kasar, dan menurut mereka tak berdosa.

Seperti apa menghina orangtua yang berakibat dosa besar ini, tapi tak disadari anak?

“Misalnya, mengatakan bahwa ibu atau bapak kita tak mengerti teknologi, dan mengatakan mereka tak pernah kuliah dan sebagainya. Mungkin terdengar sopan, tapi sudah termasuk dosa besar, durhaka kepada orangtua,” kata Ustadz Syamsurizal dalam ceramah agamanya di Masjid Nurul Ikhlas, Pekanbaru.

Maka, lanjut Ustadz Syamsurizal, sebagai seorang anak, berhati-hatilah memilih kata-kata untuk orangtua. Jangan sampai, meski terdengar dan diucapkan sopan, namun ternyata sudah menghina orangtua kita.

Baca: 3 Amalan Baik yang Sering Diabaikan Manusia

“Mengatakan mereka tak tahu apa-apa, itu sudah dosa besar. Hati-hatilah. Jangan sampai kita durhaka,” pesan dia.

Rasulullah SAW sendiri sudah pernah menegaskan betapa durhaka kepada orangtua adalah salah satu dari tiga dosa besar.

Maukah aku ceritakan kepada kalian dosa besar yang paling besar, yaitu tiga perkara? Kami menjawab, Ya, Rasulullah. Rasulullah berkata: Menyekutukan Allah, dan mendurhakai dua orang tua. Rasulullah sedang bersandar lalu duduk, maka berkata Rasulullah: Tidak mengatakan kebohongan dan kesaksian palsu. Beliau terus mengulainya sampai kami berkata semoga beliau berhenti,” (Hadist riwayat Imam Bukhari). (bpc4)