Sudah Suntik Moderna & Pfizer Nggak Perlu Vaksin Booster

Kamis, 13 Januari 2022 17:27
Sudah Suntik Moderna & Pfizer Nggak Perlu Vaksin Booster

BERTUAHPOS.COM, KAMPAR —  Pemerintah sudah mulai melaikan penyuntikan vaksin booster sejak Rabu, 12 Januari 2021. Vaksin ini merupakan vaksin pelengkap dan diyakini lebih ampuh untuk menangkan Covid-19 varian Omicron.

Meski demikian, tidak semua masyarakat bisa langsung disuntik vaksin booster. “Ada beberapa syarat agar seseorang boleh disuntik vaksin booster,” kata Heryanto SKM di Bangkinang, Kampar, Riau, Kamis, 13 Januari 2021.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar itu mengatakan, untuk vaksin dosis ke tiga atau juga disebut dengan vaksin Booster bisa dilakukan dengan beberapa syarat.

Dia menjelaskan vakin dosis ketiga itu bisa disuntikan apabila seseorang sudah memenuhi dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19 sebelumnya dalam rentang waktu enam bulan sebelum booster disuntikkan.

Baca: Perebutan Keraton Aceh, Perang di Tengah Wabah

Selain itu, jenis vaksin Covid-19 yang diterima sebelumnya juga menentukan seseorang boleh disuntik booster atau tidak. Dia menjelaskan, jika sebelumnya seseorang itu sudah menerima vaksin jenis Sinovac dan Astra Zeneca, maka untuk dosis ketiga boleh disuntikkan vaksin booster.

Namun, jika seseorang sebelumnya telah menerima dua kali dosis untuk jenis vaksin Moderna dan Pfizer, maka suntikan dosis ketiga vaksin booster tak lagi diperlukan. “Karena dosis untuk Moderna dan Pfizer sudah tinggi,” jelasnya.

Untuk sasaran yang telah menggunakan dosis Sinovac maka dosis booster yang diberikan yaitu vaksin Astra Zeneca dan Pfizer. Sedangkan vaksin menggunakan Astra Zeneca maka vaksin Booster ya diberikan dosis Moderna.

Lanjut Heryanto, penyebaran vaksinasi booster tersebut bisa dilakukan apabila vaksin kedua sudah mencapai 60%. Namun, khusus untuk lansia itu sudah bisa diberikan tanpa memenuhi syarat-syarat yang telah dilakukan.

“Untuk vaksinasi dosis ketiga ini memang belum dilakukan, namun untuk lansia jika membutuhkan kami siap untuk memberikan vaksin booster tersebut tanpa syarat yang telah disebutkan tadi,” ungkap Heryanto. (mg2)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri