DPRD Riau Imbau Perusahaan Berkontribusi Tanggulangi Banjir

Senin, 08 November 2021 18:17
DPRD Riau Imbau Perusahaan Berkontribusi Tanggulangi Banjir
Banjir menenggelamkan pemukiman warga (Foto: Ilustrasi/Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota di Riau diminta melakukan langkah kongkret untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap melanda kawasan setempat setiap musim penghujan. Pembangunan kanal, penggerukan aliran sungai dan pembersihan parit dinilai menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bencana banjir.

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho di Pekanbaru, Senin, mengatakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah yakni dengan menggandeng perusahaan-perusahaan di wilayah setempat untuk berkonstribusi dalam penanggulangan bencana banjir melalui dana corporate social responsibility (CSR). Dana CSR ini bisa dialokasikan untuk pembangunan kanal, penggerukan sedimen lumpur maupun tumpukan sampah di sepanjang aliran sungai dan pembersihan parit.

“Kita mengimbau Pemprov Riau untuk dapat melibatkan perusahaan melalui dana CSR-nya. Ini bisa dialokasikan untuk membangun kanal, membersihkan sungai dan parit-parit guna mengantisipasi banjir,” kata Agung.

Agung menilai adanya ketidakmampuan pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan banjir yang sudah menjadi bencana musiman itu. Sehingga, setiap kali dirinya melakukan reses, persoalan banjir kerap menjadi keluhan utama masyarakat.

Baca: Komisi IV DPR Dukung Pengembangan Taman Nasional Bantimurung

“Seakan menjadi momok bagi masyarakat. Tiap musim penghujan datang. Masyarakat sudah was-was terhadap banjir ini. Kita minta harus ada solusi nyata, kita berharap tahun depan persoalan banjir tidak lagi terjadi,” kata dia.

Sejauh ini, Pemprov Riau masih belum menetapkan status siaga banjir. Dimana, baru dua daerah yang menetapkan status siaga banjir, yakni Kabupaten Pelalawan dan Kampar.

Namun begitu, Agung meminta agar Pemprov Riau mulai mempersiapkan jika status banjir ditetapkan maka harus ada penanganan yang maksimal agar dampak banjir tidak meluas. (Advertorial)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 09:35

Bimbingan Akademik di Luar Kampus, Ini Kata Unri

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau (Unri), Sujianto mengatakan pihaknya akan kesulitan mengontrol jika ada kejadian bimbingan akademik anatara dosen dan mahasiswa dilakukan di luar kampus.

Sabtu, 27 November 2021 08:43

Muncul Varian Botswana, Indonesia Tutup Penerbangan dari Afrika

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi masuknya Covid-19 B.1.1529 atau varian Botswana ke Indonesia.

Sabtu, 27 November 2021 06:29

Rangnick ke MU, Klopp: Bukan Kabar Baik Bagi Tim Lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kedatangan Ralf Rangnick ke Manchester United (MU) bukanlah kabar baik bagi tim-tim Inggris yang lain.

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.