Dilantik, Lodewijk F. Paulus Resmi Jabat Wakil Ketua DPR RI

Kamis, 30 September 2021 19:04
Dilantik, Lodewijk F. Paulus Resmi Jabat Wakil Ketua DPR RI

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA— Lodewijk Friedrich Paulus resmi menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin usai dilantik dan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-VI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Mengenakan setelan jas hitam dan dasi kuning, pelantikan Sekretaris Jenderal Partai Golkar yang saat ini duduk di Komisi I DPR tersebut didahului Pengucapan Sumpah Jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof Syarifuddin, disaksikan seluruh pimpinan DPR RI dan Anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai wakil ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, perpedoman dengan Pancasila dan UUD 45,” ucap Lodewijk yang mengucapkan sumpah jabatan sesuai keyakinannya dengan tata cara Islam.

Baca: Kulit Hewan Kurban Dijual, Bolehkah?

Ia pun berjanji akan melaksanakan ucapannya dalam sumpah jabatan dengan sesungguh-sungguhnya.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan NKRI,” tegas Lodewijk.

Ketua MA Prof. Syarifuddin mengingatkan tentang pentingnya kedudukan sumpah jabatan bagi pejabat negara yang mengandung konsekwensi.

“Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia,” kata Syarifuddin.

Usai pelantikan Lodewijk berfoto bersama pimpinan dan duduk di kursi pimpinan sebagai Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam.

Setelah pengucapan sumpah jabatan, Lodewijk F. Paulus menandatangani berita acara pelantikan. Kemudian, pimpinan DPR yang hadir secara lengkap memberikan uacapan selamat yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Rachmad Gobel, dan Muhaimin Iskandar.

Tagih Calon Panglima TNI

Usai dilantik, Lodewijk yang selaku Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Korbid Polhukam)
mengatakan pimpinan DPR berharap Presiden Joko Widodo segera mengirimkan surat presiden terkait pengajuan nama calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada Desember 2021.

“Ya kita menunggu kita memonitor, mudah-mudahan bapak presiden segera mengajukan calon panglima TNI. Karena Pak Hadi per satu Desember ini sudah pensiun,” kata Lodewijk.

Usulan nama calon Panglima TNI perlu disegerakan mengingat DPR akan memasuki masa reses mulai 7 Oktober 2021 hingga 8 November 2021. “Sehingga diharapkan sebelum itu dengan masa reses yang insyaallah selesai tanggal 7 kita sudah memiliki panglima TNI. Kalau nggak ya kita menunggu,” kata Lodewijk.(subagio)