Berlabuhnya Annas Maamun ke Nasdem, Pilgub Riau 2024 Bakal Seru

Jumat, 15 Oktober 2021 11:27
Berlabuhnya Annas Maamun ke Nasdem, Pilgub Riau 2024 Bakal Seru
Annas Maamun dan Irwan Nasir kenakan almamater Nasdem.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Berlabuhnya mantan Gubernur Riau Annas Maamun ke Partai Nasdem diyakini akan mewarnai dinamika perpolitikan di Riau terutama pada Pilgub Riau 2024 mendatang. 

Seperti diketahui Annas Maamun sebelumnya naik menjadi Gubernur Riau dengan perahu Golkar. Namun masa kepemimpinannya tak berlangsung lama karena terjaring OTT KPK dalam kasus korupsi alih fungsi lahan di Jakarta.

Setelah menjalani masa hukuman, Annas Maamun bebas dan kini kembali terjun ke dunia politik dengan melabuhkan diri ke Partai Nasdem. Selain Annas Maamun, mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Irwan Nasir juga turun bergabung dengan partai Surya Paloh tersebut.

“Jadi saya melihat dengan bergabungnya Annas Maamun ke Nasdem, tentulah akan mengubah peta politik, dan Pilgub Riau 2024 pastinya akan seru, mengingat Annas Maamun salah satu tokoh politik kontroversial sebelumnya kan,” kata pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Riau Aidil Haris saat dihubungi Bertuahpos.com, Jumat, 15 Oktober 2021.

Baca: Terjun ke Politik, Kaesang yang Urus Bisnis Gibran

Dia menambahkan, jika melihat dari sepak terjang Annas Maamun, maka tidak menutup kemungkinan mantan Bupati Rokan Hilir itu akan kembali mencalonkan diri dalam bursa Pilgub 2024 mendatang.

Meski secara karir politik sempat kandas di KPK karena terlibat dalam kasus korupsi, di sisi lain Annas Maamun punya basis pendukung fanatik dan militan. Hal ini tentulah menjadi salah satu tiket bagi Annas untuk kembali terjun ke dunia politik di Pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, Annas juga berpeluang untuk mencalonkan diri di DPR RI. “Serunya di Pilgub 2024 nanti karena asumsi bahwa dia (Annas Maamun) juga akan meramaikan. Tapi kita nggak tahu juga apakah dia akan mencalonkan atau tidak,” jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Mantan Gubernur Riau Annas Maamun dan mantan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir resmi memakai almamater Nasdem. Nasdem Riau secara resmi memperkenalkan Annas dan Irwan Nasir sebagai kader mereka pada Rabu, 13 Oktober 2021 malam pada acara Rakorwil Nasdem Riau.

Annas dan Irwan Nasir dipakaikan almamater Nasdem oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, dan Ketua DPW Nasdem Riau, Willy Aditya. “Iya, barusan diperkenalkan secara resmi. Selamat bergabung Kakak Irwan Nasir dan Kakak Annas Maamun,” kata Ketua Bapilu Nasdem Riau, Dedi Haryanto ke media.

Sementara, masih ada satu tokoh politik Riau lainnya yang diisukan akan masuk Nasdem Riau, yakni Yopi Arianto, mantan Bupati Inhu. Dedi membeberkan bahwa bergabungnya Yopi ke Nasdem Riau tak akan lama lagi. “Coming soon,” ujar dia. (bpc2)