Berikut Ini Tanda – Tanda yang Mudah Dikenali Apakah Hewan Peliharaan Kamu Terserang Rabies?

Rabu, 29 September 2021 15:11
Berikut Ini Tanda – Tanda yang Mudah Dikenali Apakah Hewan Peliharaan Kamu Terserang Rabies?
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Penyakit rabies termasuk salah satu penyakit yang berbahaya. Bahkan jika terinfeksi ribovirus (virus rabies) penderita dipastikan bisa meninggal dunia.

“Jadi memang penyakit rabies itu tidak bisa disepelekan. Hewan atau manusia yang terinfeksi rabies dipastikan akan meninggal,” kata Kasi Kelembagaan Sumber Daya Keswan dan Pengawasan Obat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau drh Revalita Budhiani, Rabu, 29 September 2021.

Penyakit rabies adalah zoonosis atau jenis penyakit yang  bisa menularkan dari hewan ke manusia dan dari hewan ke hewan. Revalita menyebut bahwa rabies merupakan penyakit kedua mematikan setelah HIV/AIDS. Dengan demikian, manusia atau hewan yang sudah terpapar rabies dipastikan mati.

Dia menambahkan, metode penularan virus rabies tersebut dari air liur hewan. Adapun hewan jenis hewan yang bisa menularkan rabies yakni semua jenis hewan berdarah panas, terutama anjing, kucing dan monyet atau kera.

Baca: Ultimatum OPM: Imigran Indonesia, Tinggalkan Wilayah Papua

“Namun dari realitas saat ini 90% rabies itu ditularkan oleh hewan anjing. Sebab anjing mempunya pertahanan dengan cara menggigit. Luka akibat gigitan itulah yang kemudian menjadi ruang masuknya air liur hewan yang sudah terinfeksi rabies,” jelasnya.

Dia menuturkan, virus yang sudah masuk ke dalam tubuh melalui gigitan hewan tersebut akan menyerang fungsi otak. Salah satu gejala yang ditimbulkan yakni in koordinasi, atau saraf tidak lagi bisa menjadi penyalur informasi ke otak. 

Oleh sebab itu tindakan – tindakan hewan peliharaan akan berubah 180 derajat dari bisanya. Terutama pada hewan peliharan seperti anjing yang cenderung bertindak agresif bahkan tanpa diprovokasi. Itu pula mengapa anjing rabies, umumnya disebut anjing gila.

Revalita menjelaskan, setidaknya ada 2 ciri – ciri hewan terpapar rabies yang bisa diamati dari pelakunya. Pertama, tanda – tanda agresif. Tanda – tanda ini cenderung membuat hewan peliharaan akan memberikan respon secara berlebihan terhadap suatu hal yang bergerak.

“Bahkan kayu bergerak pun digigit. Kemudian, hewan yang terjangkit rabies cenderung akan menghindari matahari,” tuturnya.

Adapun untuk ciri – ciri kedua, yakni tanda – tanda silent. Anjing yang telah terpapar rabies biasanya akan lebih suka berdiam diri di lantai atau bersembunyi di tempat – tempat gelap. Karena takut dengan cahaya matahari, air dan takut dengan benda – benda yang bergerak.

“Oleh sebab itu, kami menghimbau kepada pemilik hewan agar selalu melakukan pencegahan penularan virus rabies dengan memperhatikan kesehatan hewan dan pemiliknya. Apalagi sekarang ini, pandemi tren memelihara hewan naik. Karena mereka tak banyak keluar rumah jadi asik bermain dengan hewan,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada pemilik hewan peliharaan agar selalu memvaksin hewan tersebut, sedikitnya setahun sekali untuk mencegah tertularnya virus rabies pada hewan peliharaan Anda. (bpc2)