Bank BJB Raih Leadership AA dalam ESG Disclosure Awards 2021

Senin, 15 November 2021 20:36
Bank BJB Raih Leadership AA dalam ESG Disclosure Awards 2021

BERTUAHPOS.COM, BANDUNG — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) kembali berhasil menorehkan prestasinya. Belum lama ini, bank bjb meraih predikat sebagai perusahaan yang mendapat rating Leadership AA dalam Environment, Social & Governance (ESG) Disclosure Awards 2021.

ESG Disclosure Awards 2021 merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh Majalah Investor- Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF). Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi kepada perusahaan yang memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Pemberitaan BSMH Primus Dorimulu di acara ESG Awards 2021. Acara diselenggarakan secara virtual pada Rabu 27 Oktober 2021 lalu, dan disiarkan langsung oleh BeritaSatu TV.

Berdasarkan keterangan penyelenggara, penilaian dalam ESG Awards dilakukan melalui analisa terhadap 33 faktor utama ESG berdasarkan studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar pedoman pelaporan. Kriteria tersebut antara lain mencakup faktor ESG unggulan dari Pasar Modal The Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan TCFD (Task Force on Climate-related Financial Disclosures), serta CDP (Carbon Disclosure Project).

Baca: Sssttt, Mantan Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, tak Ada Dalam Berkas Dugaan Gratifikasi Fee Asuransi

Sementara itu, komponen penilaian pada Environment mencakup emisi gas rumah kaca (GRK), intensitas GRK, konsumsi energi, tingkat intensitas energi, campuran jenis-jenis energi, konsumsi air, PPP (peraturan, prosedur, dan proses) mengenai lingkungan, pengawasan dewan direksi lingkungan, pengawasan manajemen senior lingkungan, pengelolaan dan analisa investasi kepada iklim dan lingkungan, hingga tanggung jawab perusahaan di perhutanan.

Adapun unsur penilaian untuk komponen Social meliputi perbandingan gaji CEO, perbandingan gaji antargender, persentase pergantian karyawan, persentase keragaman gender, persentase pekerja sementara, PPP nondiskriminasi, angka cedera atau kecelakaan, tingkat kesehatan dan keselamataan kerja, pekerja anak, PPP hak asasi manusia, juga CSR di komunitas masyarakat.

Sedangkan pada Governance, aspek yang dinilai mencakup keragaman anggota dewan, kemandirian dewan dari kendali pihak lain, dorongan moneter terkait sustainability, protokol dan perjanjian perundingan bersama, kode etik pihak ketiga, etika dan kepatuhan hukum anti-korupsi, privasi dan perlindungan data pribadi, sustainability reports, mekanisme disclosure, jaminan independensi, hingga transparansi pajak.

“bank bjb menghaturkan terima kasih kepada Majalah Investor yang merupakan bagian dari Berita Satu Media Holdings terhadap apresiasi yang telah diberikan kepada perusahaan kami. Penghargaan ini merupakan wujud dari kerja keras dan komitmen seluruh insan bjb dalam mengedepankan prinsip Good Corporate Governance dalam memberikan layanan terbaik pada nasabah,” ungkap Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi dalam rilis, Senin (14/11/2021).***

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu