Ayah, Kakek, dan Buyut Rasulullah SAW

Jumat, 17 September 2021 08:01
Ayah, Kakek, dan Buyut Rasulullah SAW

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ustaz Muhammad Fakhri dalam salah satu khutbahnya di Masjid Daarul Abrar Pekanbaru, menegaskan bahwa Rasulullah SAW lahir dari keturunan keluarga yang baik, dan mempunyai akhlak yang terpuji.

Garis keturunan Rasulullah SAW adalah orang-orang yang terhormat dan mempunyai akhlak mulia. Ayah, kakek, dan buyut Rasulullah diakui dan dihormati oleh penduduk Mekkah.

Ayah rasul mempunyai nama Abdullah bin Abdul Muthalib. Dia merupakan seorang yang baik akhlaknya, terpuji sikapnya, dan gagah postur tubuhnya.

Kakek rasul adalah Abdul Muthalib, yang nama aslinya adalah Syaibah bin Hasyim. Abdul Muthalib adalah satu-satunya orang yang berani menyusul pasukan bergajah Abrahah yang ingin menyerang Mekkah dan menghancurkan Ka’bah.

Baca: Di Hari Jadi ke 60 Gerakan Pramuka, Bupati Alfedri Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa IV

Abdul Muthalib menawarkan 100 ekor unta kepada Abrahah agar tak menghancurkan Ka’bah. Namun, karena niat Abrahah sudah bulat, Abrahah menolak pemberian Abdul Muthalib. Dalam perjalanannnya, Abrahah dan pasukan bergajahnya dihancurkan Allah SWT melalui burung Ababil.

Salah satu jasa Abdul Muthalib adalah menemukan kembali sumur Zam-Zam, yang sudah lama hilang.

Ayah Abdul Muthalib bernama Hasyim, yang nama aslinya adalah Amr bin Abdu Manaf. Hasyim dikenal sebagai orang yang sangat suka menjamu orang-orang yang berkunjung ke Ka’bah. (bpc4)