Awas, Ciri-ciri Omicron Hampir Sama Seperti Influenza Biasa

cara sederhana mengenali covid-19, ciri omicron

Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Covid-19 varian Omicron diketahui lima kali lebih cepat penularannya jika dibandingkan dengan Covid-19 varian Delta. Menurut laporan organisasi kesehatan dunia atau WHO, saat ini ada ratusan negara yang telah mengkonfirmasi masuknya virus corona varian Omicron, ke negara mereka.

Menurut dokter spesialis paru dari RSUD Arifin Achmad dr Indra Yovi, Covid-19 varian Omicron utama menyerang saluran pernafasan bagian atas. Hal ini menjadi perbedaan mendasar dengan gejala Covid-19 varian Delta yang cenderung akan menyerang pernafasan bagian bawah. 

“Secara umum, ciri-ciri yang ditimbulkan oleh varian Omicron lebih ringan jika dibandingkan corona varian Delta,” kata dia.

Namun, rasa nyeri pada tenggorokan yang ditimbulkan sama dengan Covid-19 pada umumnya. Sedangkan untuk cici-ciri lainnya, jelas Yovi, bersin-bersin, pilek, badan terasa pegal-pegal. Gejala-gejala ini sama persis dengan influenza pada umumnya.

“Kalau ada keluarga yang mengalami gangguan seperti influenza, namun belum diperiksa, sebaiknya menghindari kegiatan. Jangan bepergian dulu, minimal 10 hari,” jelasnya.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau itu juga menyebut bahwa hingga kini belum terdeteksi varin Omicron di Riau. Meski demikian, pihaknya masih menunggu hasil 30 sampel yang sebelumnya telah dikirimkan ke laboratorium kesehatan di Jakarta, dan diperkirakan baru akan keluar dalam pekan depan. (bpc2)

Exit mobile version