2 Penerbangan Disiapkan untuk Angkut Warga Jepang dari Indonesia

Kamis, 15 Juli 2021 11:14
2 Penerbangan Disiapkan untuk Angkut Warga Jepang dari Indonesia

BERTUAHPOS.COM — Pemerintah Jepang telah menyiapkan 2 penerbangan untuk mengangkut warganya pulang dari Indonesia. Pemulangan tersebut diinisiasi oleh pihak swasta Jepang yang berada di Indonesia. 

Kedubes Jepang di Indonesia mengatakan, mereka membantu upaya pemulangan tersebut. “Pemerintah Jepang bersama dengan pihak swasta Jepang akan mengambil tindakan untuk mengantisipasi kesulitan mendapatkan penerbangan yang dialami warga Jepang di Indonesia dan sedapat mungkin melindungi keinginan warganya yang ingin kembali ke Jepang dalam waktu dekat,” ungkap Kedubes Jepang di Indonesia dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari Kumparan.com.

Dia menjelaskan, saat ini 2 maskapai penerbangan Jepang sedang mengupayakan penerbangan tambahan di luar jadwal reguler dari Bandara Soekarno-Hatta ke Narita Airport. Kantor Kedutaan Besar Jepang di Indonesia akan memberikan dukungan yang diperlukan untuk upaya ini,” sambung mereka.

Pemulangan warga Jepang ke negara asalnya dilakukan saat Indonesia menghadapi ledakan kasus COVID-19. Hampir setiap hari penambahan kasus baru memecahkan rekor.

Baca: Dalam Sehari 368 Orang Meninggal Akibat Corona, Italia Catat Rekor

Menurut Kedubes Jepang, pemulangan dilakukan saat negaranya bersiap melakukan vaksinasi warganya yang berada di luar negeri. Kegiatan tersebut akan dimulai pada awal Agustus mendatang.

“Saat ini Pemerintah Jepang sedang menyiapkan program vaksinasi bagi warga negara Jepang yang berada di luar Jepang yang tidak bisa atau belum mendapat kesempatan untuk menerima vaksinasi di negara tempat tinggal mereka saat ini,” katanya. (bpc2)