2 Pasang Kacamata Abad ke-17 ini Terbuat dari Berlian dan Zamrud Colombia, Bukti Kejayaan Islam Bangsa Mughal

Kamis, 16 September 2021 19:55
2 Pasang Kacamata Abad ke-17 ini Terbuat dari Berlian dan Zamrud Colombia, Bukti Kejayaan Islam Bangsa Mughal
Kacamata milik Kekaisaran Mughal di abad 17 (net)

BERTUAHPOS.COM — 2 pasang kacamata dari abad ke-17 akan di lelang di rumah lelang Sotheby’s di New York, Amerika Serikat (AS), pada 27 Oktober mendatang.

Ini bukan kacamata sembarangan, sepasang lensa salah satu kacamata itu dipahat secara khusus dengan berlian. Sedangkan sepasang lensa lainnya merupakan pahatan dari batu zamrud Colombia.

Kedua pasang kacamata itu diperkirakan akan terjual dengan harga jutaan dolar AS.

CNN melaporkan, kacamata ini diyakini adalah bukti kejayaan Kekaisaran Mughal, sebuah kerasajaan yang bertahta memerintah Afghanistan, Balochistan, dan sebagian besar anak benua India antara 1526 – 1857.

Baca: Bupati Inhil Dampingi Pangdam 1/BB Tinjau Vaksinasi

Kacamata ini juga dipercaya untuk membantu pemakainya untuk menangkal pencerahan dan kejahatan. Kacamata itu salah satu contoh perhiasan sangat langka dari kerajaan Mughal.

“Sejauh yang kami tahu, tidak ada lagi barang yang seperti ini,”  kata ketua Sotheby’s di kawasan Timur Tengah dan India Edward Gibbs.

Menurutnya, kelangkaan kacamatan tersebut berkaitan dengan ukuran lensa batu permata. Lensa pada sepasang kacamata bernama; Halo of Light, dipercaya telah dipahat dari berlian 200 karat yang ditemukan di Golconda—sebuah wilayah di negara Andhra Pradesh dan Telangana, India.

Sedangkan, kacamata lainnya yang berwarna hijau, dijuluki: Gate of Paradise, diyakini telah dipahat dari zamrud Colombia dengan berat lebih dari 300 karat. 

Edward Gibbs berspekulasi bahwa dua pasang kacamata itu, “adalah milik seorang kaisar atau seorang punggawa berpangkat tinggi.”

Spekulasi itu muncul karena ukuran batu permata dan warna yang ada pada kacamata tersebut, sebab batu permata itu sangat dihargai dalam tradisi Islam dan India, di mana mereka memiliki asosiasi yang kuat dengan spiritual.

“Berlian adalah sosiasi dari ‘cahaya surgawi’ dan ‘pencerahan’ dalam masyarakat India,” tuturnya.

“Sedangkan hijau adalah warna yang erat dikaitkan dengan surga, keselamatan, dan kehidupan abadi dalam Islam.”

“Itu adalah agama yang dianut oleh pengusa Mughal,” sebut Gibbs. (bpc2)