13 OPD di Pemprov Riau Anggarkan PEN Covid-19, Realisasi Perlu Digesa

Kamis, 26 Agustus 2021 18:13
13 OPD di Pemprov Riau Anggarkan PEN Covid-19, Realisasi Perlu Digesa
Sekretariat Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau Syahrial Abdi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau mengklaim ada 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Riau mengalokasikan anggaran untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Ketua Tim Asistensi untuk percepatan progres APBD Riau dan kabupaten/kota Syahrial Abdi mengungkapkan, sebelumnya Pemprov Riau melakukan identifikasi kembali terhadap PEN Pemprov Riau dengan melakukan pendataan kembali OPD – OPD yang memasukkan PEN dalam penganggaran mereka.

“Kita sudah lakukan identifikasi ulang terkait anggaran pemulihan ekonomi Pemprov Riau. Karena semula laporannya hanya Rp24,9 miliar di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Riau,” katanya.

Dia menambahkan, setelah diidentifikasi diketahui ada 13 OPD yang menganggarkan untuk pemulihan ekonomi. Berdasarkan laporan awal anggaran untuk PEN hanya Rp24,9 miliar, ternyata ada Rp326 miliar setelah identifikasi dilakukan.

Baca: Riau Masih Layani Pemulangan TKI

Adapun 13 OPD tersebut, adalah Satker dengan urusan ekonomi, diantaranya Dinas PUPR-PKPP, Disnakertrans, Disperindagkop-UKM, Dinas Peternakan, dan Kesehatan Hewan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perkebunan, dan Dinas Keluatan dan Perikanan Riau. 

Selanjutnya, kata Syarial Abdi, pihaknya mendesak kepada setiap OPD tersebut untuk menggesa realisasi. Dengan demikian, hal tersebut akan berdampak pada serapan APBD 2021. “Nanti kami minta lagi laporannya, beberapa sudah ada progresnya,” tuturnya. (bpc2)