Windows XP Mulai Kebanjiran Malware

Sabtu, 19 April 2014 06:53

BERTUAHPOS.COM – Setelah tidak lagi didukung oleh Microsoft mulai 8 April 2014 lalu, para pengguna perangkat PC yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP dikabarkan mulai menghadapi berbagai jenis serangan cyber.

Telegraph melansir, belakangan ini ramai bermunculan update software untuk Windows XP di situs YouTube. Namun, update software tersebut ternyata hanyalah sebuah jebakan.

Sebab, jika link video tersebut kita klik, maka PC Anda akan langsung menampilkan iklan digital. Parahnya lagi, PC Anda juga akan secara otomatis men-download file berisi malware dan virus.

Selain melalui YouTube, serangan cyber yang menyasar para pengguna Windows XP juga bisa melalui survei berisi berbagai data pribadi. Nantinya, data tersebut akan dimanfaatkan untuk mengirim spam pada PC pengguna.

Baca: Syamsuar Sukses Bangun Siak?

Sejak mengumumkan tidak lagi mendukung Windows XP, Microsoft sudah mengimbau para penggunanya untuk segera meng-update sistem operasi mereka ke sistem operasi yang lebih baru seperti Windows 7, 8 dan 8.1.

Namun himbauan tersebut tidak sepenuhnya diikuti oleh para pengguna Windows XP. Sebab hingga bulan Maret 2014, jumlah basis pengguna Windows XP masih cukup besar di seluruh dunia, yaitu 27,69 persen.

Saat ini, jumlah pengguna Windows XP paling banyak berada di wilayah Asia. Seperti di Korea Selatan, di negara tersebut, Windows XP masih menguasai sekitar 18 persen pangsa pasar dari seluruh PC di sana.

Di samping Korea Selatan, situs StatCounter juga menunjukkan bahwa Windows XP masih digunakan oleh lebih dari 50-60 persen pengguna komputer di China. Sedangkan di Korea Utara, Windows XP masih diadopsi oleh sekitar 60,44 persen dari total seluruh pengguna PC di negara tersebut.(VIBISNEWS)