Wawako akan Usulkan Program Biogas untuk Masyarakat Pekanbaru

Selasa, 22 April 2014 09:38

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi tertarik terhadap pengelolaan kotoran manusia dan limbah domestik di lingkungan pesentren yang berhasil diolah menjadi jadikan biogas terpadu di Pesantren Dar El Hikmah.


Bahkan, Wawako terinspirasi berencana untuk membuat program pemanfaatan kotoran manusia dan limbah domestik yang ada di seluruh kota Pekanbaru baik dari perumahan, perkantoran, sekolah dan lingkungan lainnya.


“Bagi Pemko, ini menjadi inspirasi. Misal kita buat MCK di tepi sungai, kenapa gak langsung kita (pemko) maksimalkan saja limbahnya itu untuk biogas,” ujarnya kepada bertuahpos.com, Senin (21/04/2014) kemarin.


Rencananya ia akan menyampaikan usulan ini ke Walikota Pekanbaru Firdaus MT. Misalnya  membuat program bagi setiap pengembangan perumahan wajib ada tempat sampahnya dan langsung diolah Pemerintah Kota Pekanbaru dengan menyiapkan instalasinya.

Baca: Demi Masa Depan, Riau Harus Tinggalkan Migas


“Saya lihat ini tak banyak nilai projeknya. Para pengembang saya yakin setuju dan masyarakat pun saya yakin senang tinggal disuatu perumahan yang asri dan sampahnya bisa langsung dimaksimalkan,” paparnya. (syawal)